Pandeglang (Antara News) - Pembangunan Bandar Udara Banten Selatan di Kecamatan Panimbang, Kabupaten Pandeglang, guna mendukung pembentukan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata, segera direalisasikan.

"Kepastian pembangunan Bandar Udara (Bandara) Bansel (Banten Selatan) segera direalisasikan disampaikan langsung oleh Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan Agus Santoso," kata Bupati Pandeglang Irna Narulita di Pandeglang, Rabu.

Pemkab Pandeglang, kata dia, mendukung pembangunan Bandara Bansel itu yang diyakini akan mendorong kemajuan di daerah itu, terutama di wilayah selatan.

"Pasti ada pengaruh positif pada kemajuan daerah, terutama di Pandeglang bagian selatan, yakni Kecamatan Panimbang dan sekitarnya," ujarnya.

Bandara Banten Selatan dibangun untuk mendukung pembentukan KEK Pariwisata Tanjung Lesung yang masuk dalam rencana strategis pemerintah pusat  untuk pengembangan pariwisata nasional.

Pembangunan KEK itu dilakukan lintas sektoral, diantaranya Kementerian Pekerjaan Umum, Kementerian Kehutanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Perhubungan serta pemerintah Provinsi Banten.

Selama ini, Pantai Tanjung Lesung merupakan salah satu objek wisata andalan di Kabupaten Pandeglang, selain Pantai Carita. Cukup banyak wisatawan yang mengunjungi objek tersebut.

Karena potensinya cukup bagus,  pemerintah pusat memandang perlu untuk meningkatkan kawasan itu, dan dijadikan sebagai objek wisata nasional.

Pemerintah pusat kemudian menetapkan Tanjung Lesung sebagai lokasi Pembentukan Ekonomi Khusus (KEK) bidang pariwisata. Pemerintah daerah sangat mendukung rencana itu," katanya.

Lahan KEK yang mencapai 1.500 hektare juga menjadi daya tarik pengunjung, apalagi banyak fasilitas yang disedikan di dalamnya sehingga wisatawan akan betah tinggal.

Dalam KEK Tanjung Lesung, kata dia, akan dibangun 26 hotel, resort dan kondominium serta fasilitas lainnya termasuk lapangan golf dan tempat pendidikan.

Pewarta: Sambas

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017