Tangerang (Antara News) - Pemerintah Kota Tangerang Banten menargetkan setiap dua kelurahan terdapat satu puskesmas dalam bentuk mendekatkan pelayanan kesehatan pada masyarakat.

Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah di Tangerang, Selasa, mengatakan lokasi yang akan dilakukan pembangunan puskesmas yakni di Kelurahan Belendung, Kecamatan Benda dan Kelurahan Batu Sari, Kecamatan Batu Ceper.

Kesehatan merupakan salah satu kebutuhan dasar masyarakat yang harus dipenuhi dengan baik. Oleh karena itu, Pemkot Tangerang terus berupaya meningkatkan pelayanan kesehatan. Diantaranya dengan terus menambah sarana dan prasarana kesehatan seperti halnya Puskesmas.

Wali kota mengatakan ada lahan Pemkot di bekas bangunan Kantor Kelurahan Belendung di masa kepemimpinan Almarhum Zakaria Mahmud yang lokasinya berdekatan dengan SDN Belendung.

Rencananya, Pemkot ingin manfaatkan keberadaannya untuk membangun Puskesmas agar semakin memberikan kemudahan akses kesehatan bagi masyarakat di setiap wilayah Kota Tangerang.

Begitu juga dengan di Kelurahan Batu Saru yang rencananya akan dimanfaatkan untuk pembangunan puskesmas. "Rencananya, tahun ini akan diurug dulu, tahun depan baru dibangun," ujarnya.

Dirinya ingin sekali menambah fasilitas kesehatan bagi masyarakat Kota Tangerang. Bahkan jika memungkinkan di setiap dua kelurahan terdapat satu Puskesmas. "Kendala tentu ada, tapi cita-cita mulia tentu harus diikuti dengan upaya maksimal," tegasnya.

Perlu diketahui, Kota Tangerang terdiri dari 13 kecamatan dengan 104 kelurahan. Berdasarkan data dari dinas kesehatan, saat ini Pemkot Tangerang telah memiliki 33 unit puskesmas, enam unit puskesmas pembantu, 33 unit puskesmas keliling, dua puskesmas persalinan, empat puskesmas IGD 24 jam dan satu unit puskesmas rawat inap.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017