Tangerang (Antara News) - Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah mengajak kepada para Pengelola Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) di Kota Tangerang untuk bisa ambil bagian dalam mempromosikan potensi wisata di Kota Tangerang.

"Sektor Pariwisata sangat menjadi perhatian khusus pemerintah. Untuk itu diperlukan promosi dan publikasi untuk memperkenalkan potensi wisata yang dimiliki oleh Kota Tangerang," katanya.

Hal itu, lanjut wali kota, memerlukan sinergitas dan kerjasama dari semua pihak terutama stakeholder pariwisata seperti hotel dan restoran.

"Kalau pemerintah sudah berbuat, TNI/Porli sudah menjaga tapi teman-teman tidak melakukan apa-apa, ini mohon maaf pariwisata hanya omong kosong di Kota Tangerang apalagi Provinsi Banten," ujarnya.

Wali Kota juga menyampaikan, konsep untuk menjadikan Tangerang sebagai kota layak dikunjungi sebagaimana terkandung dalam konsep Tangerang Live memerlukan usaha lebih yang dari semua pihak untuk menjadikan Kota Tangerang sejajar dengan kota-kota wisata lain di Indonesia.

"Kota ini harus dibangun atas dasar kreatifitas. Mari kedepan kita buat kota ini kota yang indah, kota yang nyaman sehingga kota kita bisa dikunjungi," ujar Wali Kota.

Ditambahkannya, kondisi masyarakat kota Metropolitan yang sangat dinamis telah menjadikan rekreasi atau liburan menjadi salah satu kebutuhan pokok.

Hal ini menjadi peluang besar bagi pengelola Hotel maupun Restoran untuk menangkap peluang tersebut melalui berbagai kegiatan yang menarik sehingga bisa mendatangkan pengunjung.

Sebab, pengunjung yang datang ke Tangerang kebanyakan dari Jakarta disebabkan untuk ke luar Kota seperti Bandung sudah macet.

"Peluang inilah yang harus kita tangkep. Maka pemkot Tangerang tahun ini Kita sedang berupaya, pinginnya danau situ gedhe kita revitalisasi, mookervart kita revitalisasi. Tapi tetep ada juga inovasi dari temen-temen PHRI, punya makanan yang khas contohnya,¿ ujarnya.

Selanjutnya, Wali Kota juga berharap agar PHRI Kota Tangerang bisa merumuskan berbagai program yang bisa menjadikan Kota Tangerang sebagai salah satu tujuan wisata terlebih dengan keberadaan Bandara Internasional Soekarno Hatta.

"Atau temen-temen PHRI bikin festival-festival rutin, sehingga bisa membeirkan banyak tawar-tawaran potensi wisata yang baik bagi Kota Tangerang," imbuhnya.

Selain itu Wali Kota juga sedang berusaha untuk mengoptimalkan taman sebagai destinasi wisata, selain juga dengan mendorong peran serta UKM sehingga ada oleh-oleh khas Tangerang.

"Saat ini kita juga sedang kembangkan Program Kampung Kita, kita ingin membangun kampung kreatif dan PHBS sebagai kampung wisata," tandasnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2017