Tangerang (Antara News) - Universitas Budi Luhur Jakarta berkomitmen tinggi untuk meningkatkan penelitian dosen dengan melibatkan mahasiswa dalam menghasilkan hasil karya yang bermutu tinggi.

Direktur Riset dan Pengabdian Masyarakat Universitas Budi Luhur, Krisna Adyarta, Jumat  mengatakan saat ini penelitian Dosen Universitas Budi Luhur masih dalam proses berkembang dan diperlukan upaya yang serius agar dapat meningkat sebagaimana yang dituntut oleh Kementerian Ristekdikti.  

Namun sejumlah inovasi yang telah dilaksanakannya tidak kalah dengan perguruan tinggi lainnya bahkan menarik perhatian pelajar. Misalnya saja Robominton atau Robot Bermain Badminton yang menjuarai Kontes Robot Indonesia Regional II tahun 2014 pada peringkat ke-2.

"Inovasi yang dilakukan oleh para dosen dan mahasiswa akan terus dikembangkan dan fasilitas sehingga memiliki manfaat untuk masyarakat," ujarnya.

Ditambahkannya, komitmen yang tinggi dari Yayasan Budi Luhur Cakti dan Universitas Budi Luhur bagi dosen, akan mampu meningkatkan penelitian baik dari sisi kuantitas maupun kualitas.

Karena hasil penelitian yang ditunjang dengan publikasi ilmiah merupakan implikasi logis dari pengembangan keilmuan. Sekaligus dapat menjadi tolak ukur bagi peningkatan karir dosen serta ikut meningkatkan peringkat Universitas Budi Luhur.

Sementara itu, terkait keterlibatan UBL dalam pameran hasil penelitian yang diadakan Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) dan diikuti 32 perguruan tinggi bertujuan untuk mensosialosasikan peraturan menteri dan rapat koordinasi perguruan tinggi.

Dalam pameran itu, Universitas Budi Luhur menampilkan karya unggulan seperti Robominton (Robot Bermain Badminton), Teknologi Irigasi karya Dosen dan mahasiswa Fakultas Teknologi Informasi, Jammer cellular phone yang merupakan karya dosen Fakultas Teknik.

Lalu ada Film Animasi karya Dosen dan Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi, Hasil penelitian budi daya Sidat (Unagi) dengan contoh produknya berupa sushi hingga Buku-buku hasil penelitian dosen-dosen Universitas Budi Luhur.

"Banyak karya yang telah dihasilkan dosen dan mahasiswa. Kedepannya akan lebih ditingkatkan dan inovasi sesuai dengan kebutuhan dan manfaat masyarakat," katanya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016