Hasil pemantauan Fenometer pada periode 1-31 Agustus 2023 menunjukkan, elektabilitas digital Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa, Muhaimin Iskandar (Gus Imin) melesat naik dan berada di posisi empat besar, di bawah Anies Baswedan, Prabowo Subianto, dan Ganjar Pranowo.

Data di Agustus menunjukkan, elektabilitas digital Gus Imin mengalami kenaikan cukup signifikan yakni sebesar 5,26 persen dibandingkan Juli 2023. Di Juli, elektabilitas digital Gus Imin masih 9,15 persen, dan untuk saat ini sudah di angka 14,41 persen. Sementara Anies Baswedan berada di urutan pertama dengan 22,34 persen, disusul Ketum Gerindra Prabowo Subianto 19,69 persen dan Ganjar Pranowo 19,61 persen.

“Elektabilitas digital yang diraih Gus Imin saat ini berhasil melewati raihan Sandiaga Uno dan Erick Thohir. Dengan kenaikan mencapai 5 persen dibandingkan bulan Juli lalu, menjadikan Gus Imin sebagai nama potensial yang akan bertarung di pilpres 2024 mendatang,” tulis founder Fenometer, Teguh Handoko dalam keterangan resmi yang diterima media, Jumat.

Teguh Handoko mengatakan, data pemantauan cerdas digital Fenometer ini diperoleh dari hasil monitoring percakapan warganet di kolom-kolom media sosial seperti Twitter, Instagram, Youtube, Facebook, Tiktok dan News Online.

Baca juga: Puan Maharani beri selamat pada pasangan Anies-Cak Imin

“Metodologi pengumpulan data percakapan ini didapatkan dari warganet-warganet melalui unggahannya di media sosial seperti Twitter, Instagram, Youtube, Facebook, Tiktok maupun situs-situs News Online di Indonesia dengan menggunakan engine saat melakukan crawling dan set-up project. Selanjutnya engine akan mengkategorikannya menjadi sentimen positif, negatif dan netral. Selanjutnya, data yang dikumpulkan, dilakukan analisis sentimen yang dilakukan secara otomatis (Engine) serta Admin Cleansing (Human) dengan tingkat akurasi hingga 92%. Sementara itu untuk metodologi data analisis, penentuan sentimen positif dan negatif dari analisa secara kualitatif berisi percakapan dengan konteks meningkatkan citra yang baik masing-masing kandidat di mata warganet atau netizen,” kata Teguh menjelaskan.

Dalam pemantauan cerdas digital yang dilakukan Fenometer, penentuan sentimen negatif dari analisa secara kualitatif, berisi percakapan dengan konteks membangun citra buruk, menimbulkan kontroversi dan kegaduhan atau informasi hoax terkait kandidat. Penentuan sentimen netral dari analisa secara kualitatif berisi percakapan dengan konteks tidak berpengaruh terhadap citra, tidak berpotensi menjadi viral dan menyebabkan kontroversi bagi kandidat.

“Dari hasil metodologi pengumpulan data dan metodologi data analisis, kami menemukan fakta bahwa, total percakapan yang terjadi di media sosial terkait Gus Muhaimin Iskandar sebesar 742.066 mention. Selain itu, dari percakapan yang dipantau selama periode monitoring, sentimen yang dihasilkan adalah positif 506.228 mention, negatif 8.008 mention dan netral 227.830 mention,” lanjut Teguh Handoko.

Baca juga: Survei CPCS, elektabilitas Gerindra terus tempel PDIP

Sementara itu untuk kategori Partai Politik, hasil pemantauan Fenometer menunjukkan, Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) masuk tiga besar untuk elektabilitas digital di bawah Partai Gerindra dan Partai Nasdem.

“Selama periode pemantauan, elektabilitas digital PKB berada di tiga besar dengan perolehan angka 17,56 persen. Partai Gerindra memiliki elektabilitas digital tertinggi sebesar 21,51 persen disusul Partai Nasdem 17,91 persen. Meningkatnya elektabilitas digital PKB di periode 1-31 Agustus 2023 juga didorong dengan banyaknya warganet yang membicarakan topik-topik hangat tentang PKB seperti maju-mundurnya hubungan PKB dengan Prabowo, dan juga topik masuknya Golkar dan PAN dalam koalisi KKIR yang menimbulkan dinamika yang baru dalam koalisi PKB dengan Gerindra,” pungkas Teguh.

Sebagai catatan, Fenometer adalah platform pemantauan cerdas digital 24 jam tanpa henti untuk mengukur fenomena sosial dan politik. Fenometer membantu lembaga-lembaga pemerintah, BUMN, partai politik, kandidat calon presiden maupun calon wakil presiden untuk memahami suara publik, untuk mengukur popularitas, kesukaan, dan kecenderungan untuk memilih dalam Pemilu 2024 mendatang.

Baca juga: Deklarasi Anies-Cak Imin disebut untungkan Ganjar Pranowo
Baca juga: Partai Gelora resmi dukung Prabowo Subianto jadi capres 2024-2029

Pewarta: Susmiatun Hayati

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023