Tangerang (Antara News) - Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Liza Puspadewi menyatakan layanan "SMS gateway" yang  dimaksudkan untuk memangkas antrian di puskesmas dan mempercepat pelayanan.

"Caranya pun sangat mudah yakni warga cukup dengan mengirim SMS atau pesan pendek melalui handphone ke nomor 08113347774 dengan Format DAFTARNIKPOLI TUJUANPUSKESMAS TUJUANTANGGAL(DD-MM-YYYY)," katanya di Tangerang, Kamis.

Nantinya, pengirim pesan akan mendapatkan nomor antrian dari server Dinas Kesehatan untuk bisa digunakan hari berikutnya.

"Jadi, layanan ini seperti pemesanan nomor antrian untuk esok hari. Sehingga, warga tak perlu menunggu lama di puskesmas karena sudah mengetahui perkiraan waktu datang melalui nomor antrian," katanya.     

Layanan yang beroperasi selama 24 jam ini, bisa dimanfaatkan masyarakat untuk memilih semua poli di puskesmas yang dituju.

Hanya saja layanan ini diperuntukan bagi masyarakat yang sebelumnya pernah berobat di puskesmas sehingga datanya sudah tersimpan.

Jika masyarakat yang belum pernah berobah di puskesmas agar mendaftar terlebih dahulu sebagai bentuk pendaftaran data diri.

"Meski warga Kota Tangerang tetapi belum pernah berobat di puskesmas, maka harus tetap berobat dahulu sebagai input data," paparnya.

Perlu diketahui, layanan berobat di puskesmas tidak dikenakan biaya karena bagian dari program pemerintah untuk bidang kesehatan.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016