Serang (Antara News) - Anda tentu sudah familiar dengan aneka kuliner khas Padang seperti rendang, dendeng, sate padang, dan asam padeh. Keempatnya jelas hanya sebagian dari banyaknya kuliner lain yang akan membuat Anda selalumenempatkan Padang dalam daftar teratas tujuan wisata kuliner.

Jika Anda berkesempatan mengunjungi Padang, sebaiknya Anda mencoba kuliner alternatif yang jarang Anda temukan di kota asal. Salah satunya adalah Sate Mak Syukur di Jalan Sutan Sjahrir, Padang Panjang. Tempat ini termasuk kuliner favorit nan legendaris yang ditempati sejak tahun 1993.

Kisah Mak Syukur

Pemilik resep Sate Mak Syukur (SMS) bernama Syukur Sutan Rajo Endah. Sapaan“Mak” dalam bahasa Minang merupakan akronim dari mamak yang berarti panggilan untuk laki-laki dewasa. Lelaki asli Minang kelahiran 1911 ini pertama kali berjualan sate keliling Pasar Padang Panjang pada usia 20 tahun. 

Usahanya membuahkan hasil karena pada tahun 1970-an, Mak Syukur mampu memiliki sebuah kedai di Pasar Padang Panjang. Bahkan, dalam waktu yang tidak terlalu lama, Mak Syukur mampu menambah satu kedai lagi di pasar. 

Anda masih bisa menemukan kedai peninggalan Mak Syukur ini di Pasar Padang Panjang. Sekarang kedai tersebut dikelola oleh menantu Mak Syukur yang bernama Nurdin Karim atau biasa disapa Oyong.

Mak Syukur,yang wafat pada tahun 1985,memang mewariskan keahlian bisnis dan keterampilan racikan kepada anak-anaknya. Selain mempertahankan kedai di Pasar Padang Panjang, restoran di Jalan Sutan Sjahrir dengan plang besar di tepi jalan ini sekarang juga dikelola oleh anak Mak Syukur, H. Syaiful Syukur.

Pemilihan Daging dan Penyajian Sate

Keistimewaan Sate Mak Syukur terletak pada ketelitian memilih daging dan cara penyajian satenya.

Sejak pertama kali memulai usahanya, Mak Syukur selalu menggunakan daging sapi lokal yang dibesarkan di Padang Panjang. Dia meyakini peternakan sapi di sekitar Padang Panjang memiliki pakan terbaik yang membuat rasa daging sapi menampilkan cita rasa berbeda ketika diolah.

Rasa gurih biasanya dipilih dari bagian punuk sapi yang lemaknya sedikit.Selain menikmati daging sapi, Anda juga bisa memilih usus, jantung, atau lidah sapi sebagai pengganti daging.

Dalam penyajiannya, SMS dihidangkan ke meja secara terpisah dengan bumbu kuah kentalnya. Sajian beralas daun pisang yang menutupi seluruh sisi piring. Anda bisa menyobek daun pisang untuk menyendok kuah.

Jika merasa kesulitan, pesanlah kerupuk jangek untuk dijadikan sendok. Ukuran kerupuk di sini cukupbesar, sekitar 15 sentimeter persegi. 

SMS biasa menghabiskan 3 ribu sampai 6 ribu tusuk sate dalam satu hari. Harga yang perlu Anda keluarkan untuk menikmati sajian sate di sini hanya Rp 22.000,00 saja per porsi. Jika telah siap memanjakan lidah, Anda sangat disarankan tidak datang terlalu sore agar tidak kehabisan.

Merencanakan Perjalanan ke Sate Mak Syukur

Akses ke Jalan Sutan Sjahrir, Padang Panjang, bisa Anda tempuh sekitarsatu setengah jam perjalanan darat dari Bandara Internasional Minangkabau. Sebelum tiba di sana, Anda juga bisa memesan hotel murah di Padang terlebih dulu dengan memanfaatkan aplikasi hotel murah AiryRooms yang bisa Anda unduh di App Store (iOS) dan Play Store (Android).

Airy Rooms adalah jaringan hotel terbesar di Indonesia dengan jumlah properti hotel terbanyak dibandingkan jaringan hotel lain. Hotel dan penginapan di jaringan AiryRooms menawarkan fasilitas yang memadai. Anda akan dimanjakan dengan tempat tidur bersih, televisi layar datar, dan Wi-Fi gratis.

Selain itu tersedia pula fasilitas air minum gratis, perlengkapan mandi, shower air hangat, dan AC. Anda bisa memesannya melalui website serta mobile apps yang tersedia di Android dan iOS. Pembayaran juga bisa dilakukan dengan transfer dan kartu kredit.

Pewarta: Ganet Dirgantoro

Editor : Pemasaran


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016