Persatuan Sepak Bola Barito Putera meraih poin penuh seusai menundukkan tim tamu Persis Solo dengan skor 2-0 pada lanjutan pekan ke-11 Liga 1 Indonesia di Stadion Demang Lehman Martapura, Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel).

Gol pertama Barito Putera dicetak oleh Makan Konate pada menit ke-15 melalui tandukan kepala, sedangkan gol kedua dicetak Murilo Otavio Mendes pada menit ke-33 melalui tendangan bebas dari luar kotak penalti tim musuh.

“Malam ini anak asuh saya bermain dengan disiplin meskipun beberapa kali tim tamu keluar dari tekanan,” kata Pelatih PS Barito Putera Rahmad Darmawan di Martapura, Kabupaten Banjar, Minggu malam.

Coach RD, sapaan akrab Rahmad Darmawan, menyebutkan skuadnya cukup mampu mengendalikan situasi permainan sejak babak pertama hingga babak kedua.

“Sampai pertandingan selesai, pemain mampu menjaga ritme permainan sehingga terhindar dari kebobolan,” ucapnya.

Baca juga: RANS Nusantara FC kalahkan Persik Kediri 1-0

RD mengungkapkan pada sesi latihan sebelumnya, timnya bermain dengan beberapa formasi untuk mengantisipasi formasi tim tamu yang dapat berubah sewaktu-waktu, hal itu terbukti ketika Persis Solo beberapa kali merubah formasi permainan saat pertandingan.

Dia mengatakan dirinya beberapa kali mengubah formasi untuk memberikan perlawanan kepada tim tamu.

Tampil di hadapan 6.523 penonton, pada menit ketujuh Yuswanto Aditya memperoleh peluang melalui sepakan kaki kiri namun masih membentur mistar gawang Persis Solo.

Gol yang ditunggu tiba pada menit ke-15 ketika Makan Konate memanfaatkan umpan lambung Bagus Kahfi dari sayap kanan yang diteruskan dengan tandukan kepala yang mampu dibendung penjaga gawang Persis Solo untuk membawa Barito Putera unggul sementara 1-0.

Bermain dalam tekanan, pada menit ke-21 tim tamu mencoba melakukan pergantian pemain.  Namun, pada menit ke-33 petaka justru menghampiri Persis Solo ketika pemain Barito Putera Murilo Otavio Mendes menggandakan keunggulan melalui sepakan keras kaki kanan yang didapat dari bola mati tipis di luar sebelah kanan kotak penalti Persis Solo.

Baca juga: Persija Jakarta main imbang 1-1 lawan Persib Bandung

Tempo permainan semakin meningkat, namun Persis Solo tidak mampu memanfaatkan sisa waktu babak pertama, skor sementara 2-0 untuk keunggulan Barito Putera.

Pada babak kedua, Persis Solo berusaha keluar dari tekanan dan mampu mendominasi penguasaan bola sekitar 60 persen namun gol yang ditunggu tak kunjung tiba.

Pemain Persis Solo kerap mendapatkan peluang, namun tak satupun kesempatan yang berhasil dikonversikan menjadi sebuah gol karena pertahanan tim tuan rumah terlalu kokoh.

Hingga peluit panjang dibunyikan wasit tanda berakhirnya babak kedua, skor tidak berubah 2-0 untuk kemenangan tim tuan rumah yang berjuluk Laskar Antasari tersebut.

Hasil tersebut mengantarkan Barito Putera kokoh di posisi kedua klasemen sementara Liga 1 dengan mengemas 20 poin dari total 11 pertandingan diantaranya enam kali menang, dua kali seri, dan tiga kali mengalami kekalahan.

Sedangkan Persis Solo harus tergeser ke papan bawah klasemen di posisi 14 dengan perolehan 12 poin dari total 11 pertandingan diantaranya tiga kali menang, tiga kali seri, dan lima kali mengalami kekalahan.

Sementara itu, pemain Barito Putera Bagus Kahfi menyampaikan terima kasih atas dukungan ribuan penonton yang hadir.

“Kami harus lebih fokus lagi dan bekerja keras untuk pertandingan selanjutnya,” ujar Bagus.

Baca juga: Arema FC akhirnya merasakan kemenangan di Liga 1

Pewarta: Tumpal Andani Aritonang

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023