Jakarta (Antara News) - Lippo Group melalui anak usaha PT Lippo Cikarang Tbk (LPCK) menggunakan arsitek Kengo Kuma, salah satu arsitek terkemuka dunia sebagai konsultan desain rencana induk Orange County fase I di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat.

"Kengo Kuma akan berkerja sama dengan Mitsubishi Jisho Sekkei Inc. merancang konsep 'Livable City' di Orange County," kata Presiden Direktur LPCK, Toto Bartholomeus di Jakarta, Kamis.

Seperti diketahui LPCK akan mengembangkan Orange County di atas lahan seluas 322 hektar sebagai hub koridor Timur Jakarta, serta berkomitmen agar proyek ini menjadi "trendsetter" pengembangan kota.

Toto mengungkapkan terdapat lima infrastruktur utama yang akan menjadi katalis pertumbuhan dalam lima tahun ke depan di Koridor Timur Jakarta, yakni Pelabuhan Laut Dalam Patimban, Bandara Internasional Kertajati, Kereta Cepat Jakarta-Bandung, LRT, serta Monorail yang menghubungkan Orange County dengan tujuh kawasan industri di sekitarnya.

Lokasi Orange County sangat strategis di antara Jakarta dan Bandung serta di tengah-tengah tujuh kawasan industri di sekitarnya.

Posisi strategis ini sesuai konsep Transit Oriented Development/TOD, sebagai transportasi masa depan yang akan terintegrasi dengan multi aktivitas dalam satu lokasi.

Fase I ini terdiri dari apartemen, hotel, office, pusat perbelanjaan, retail & commercial, sekolah/universitas, rumah sakit, convention center, dan berbagai fasilitas penunjang lainnya seluas 19,5 hektar.

Terkait Kengo Kuma, Toto menyatakan kepercayaannya terhadap konsultan arsitektur ini untuk membawa nuansa desain spektakuler di keseluruhan desain masterplan Orange County fase I.  
   "Kengo Kuma adalah arsitek terpilih yang menggarap National Stadium di Jepang untuk Olimpiade Tokyo 2020. Sebagai arsitek, Kuma sangat piawai menggabungkan kekayaan budaya tradisional dengan material dan teknologi modern dalam desain yang sculptural dan fenomenal," ujar Toto.

 Menurut Toto Kengo Kuma dan Mitsubishi Jisho Sekkei akan menjadi tim hebat yang sangat tepat menggarap masterplan Orange County phase 1.

"Mereka memiliki reputasi internasional yang handal, sangat memikirkan bukan hanya artistik dan visual, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup seluruh penghuni kota," ujar Presiden Direktur PT Diamond Realty Investment Indonesia, Takashi Ito.

General Manager Architectural Design Dep. I Mitsubishi Jisho Sekkei Inc, Koki Miyachi mengatakan, konsep Livable City bercirikan ruang yang terbuka, akrab, and ramah bagi pejalan kaki.

Terdapat empat hal dalam pembangunan Orange County yakni: tidak hanya tidak hanya ruang fisik tetapi juga ruang publik yang komunikatif dan interaktif untuk berbagai aktivitas interaksi sosial penghuni perkotaan, mengutamakan pencahayaan natural dan hemat energi (green architecture), desain pedestrian yang artistik dan ramah bagi pejalan kaki, dan skyline yang impresif dengan muka bangunan (facade) unik dengan sensasi visual bermain dengan volume ruang.

Pada Sabtu, 26 November 2016, PT Lippo Cikarang Tbk akan menyelenggarakan Grand Preview Newport Park, menara apartemen hasil kerja sama Lippo Group dan Mitsubishi Corporation Jepang yang dibangun di Orange County.

Newport Park saat ini sedang dipasarkan, merupakan menara apartemen pertama di Koridor Timur Jakarta yang memiliki fitur pintar, seperti akses menggunakan sistem keamanan retina, sistem kunci pintu, dan pencahayaan pintar.

Berdasar perhitungan LPCK, Newport Park yang dijual dengan harga mulai Rp450 juta ini memiliki potensi imbal hasil kalau disewakan mencapai 20 persen.

    

Pewarta: Ganet Dirgantoro

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016