Atlet panjat tebing asal Kota Tangerang yang mewakili Provinsi Banten pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) XVI Palembang, Dika Andika meraih medali emas pada kategori speed perorangan putra dengan waktu 5.75 detik.

"Ini jadi kebanggaan bagi kita semua dan memberikan motivasi bagi atlet lain dalam menyumbangkan prestasi terbaik pada ajang Popnas Palembang," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Tangerang, Kaonang dalam keterangannya di Tangerang Rabu.

Kaonang mengatakan Dika pada Selasa (29/8) berhasil memenangkan emas dengan melawan atlet dari Daerah Istimewa Yogyakarta dengan selisih waktu 0.4 detik. Raihan ini menjadi bukti bahwa atlet-atlet Kota Tangerang, salah satunya cabang olahraga panjat tebing, memiliki regenerasi yang sangat baik.

"Cabang olahraga panjat tebing menjadi juara umum pada gelaran Porprov Banten lalu. Dispora beserta KONI Kota Tangerang juga akan terus memberikan dukungan penuh untuk atlet-atlet Kota Tangerang agar dapat memiliki regenerasi yang sangat baik," katanya.

Baca juga: Dispora Tangerang: Turnamen panjat tebing ajang kembangkan sportindustry

Kaonang berharap, para atlet-atlet berprestasi asal Kota Tangerang dapat terus membawa nama Kota Tangerang ke ajang yang lebih besar. Sehingga, dapat menginspirasi anak-anak muda Kota Tangerang lainnya yang ingin menjadi atlet.

"Tetap jaga nama baik Kota Tangerang, terus maksimal dalam berlatih dan menjalankan turnamen. Mudah-mudahan, dari Kota Tangerang dapat mewakili Indonesia di ajang internasional dan menginspirasi anak-anak muda yang ingin menjadi atlet di masa depan," katanya.

Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang mencatat ada 17 atlet dari 119 atlet yang mewakili Kontingen Provinsi Banten dalam ajang Pekan Olahraga Pelajar Nasional (POPNAS) XVI Sumatera Selatan 2023.

17 atlet muda tersebut akan bertanding di cabang olahraga masing-masing, seperti atletik, dayung, karate, panahan, panjat tebing, pencak silat, taekwondo, senam, bahkan wushu.

Adapun rinciannya adalah atletik satu orang, dayung dua orang, karate satu orang, panahan tiga orang, panjat tebing dua orang, pencak silat dua orang, senam satu orang, wushu satu orang, dan yang terbanyak adalah taekwondo empat orang.

"Dispora Kota Tangerang berharap, keterlibatan 17 atlet muda asli Kota Tangerang ini dapat mendorong perkembangan dan kemajuan geliat dunia olahraga di Kota Tangerang di masa mendatang, khususnya di tingkat usia muda atau pelajar," pungkas Kaonang.

Baca juga: Desak Made Rita rebut emas Kejuaraan Dunia Panjat Tebing di Swiss

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023