Serang (Antara News) - Gubernur Banten Rano Karno mengajak masyarakat Banten untuk membudayakan menjadi masyarakat yang sadar wisata dalam upaya terus meningkatkan kunjungan wisatawan ke Banten, sehingga mendorong kesejahteraan masyarakat.

"Kunjungan wisatawan ke Banten setiap tahun terus meningkat. Data terakhir tahun 2015 lalu, ada sekitar 7,2 juta wisatawan domestik yang datang ke Banten. Ini tidak terlepas dari dukungan dan peran semua masyarakat terutama yang ada di sekitar objek wisata," kata Rano Karno saat meresmikan objek wisata 'Baduy Outbound' di Serang, Kamis.

Ia mengatakan, meningkatnya kunjungan wisatawan ke Banten akan memberikan dampak yang positif serta berkontribusi terhadap kesejahteraan masyarakat, terutama bagi masyarakat yang berada di sekitar destinasi wisata. Untuk itu perlu adanya pemahaman bagi masyarakat mengenai pentingnya sadar wisata, sehingga wisatawan yang datang bisa merasa aman dan nyaman berada di Banten.

"Saya bersama Kapolda biasanya saat libur lebaran sibuk karena terjadi kemacetan di semua jalur wisata,"katanya.

Apalagi saat ini Banten sudah ditetapkan menjadi salah satu daerah yang memiliki Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata di Tanjung Lesung Pandeglang. Keberadaan KEK tersebut akan mendorong pertumbuhan ekonomi terutama sektor pariwisata di wilayah Pandeglang dan Lebak.

"Apalagi nanti jika sudah dibuka akses tol Serang-Panimbang. Ini akan membuka kemajuan pariwisata di Banten Selatan," kata Rano.

Menurutnya, Banten memiliki potensi pariwisata yang sangat bagus karena memiliki garis pantai yang panjang serta daya dukung infrastruktur dan lainnya seperti pelabuhan dan bandara Internasional Soekarno Hatta.

"Pembangunan tol Serang-Panimbang nanti akan selesai dalam waktu dua tahun. Ini sebagai penunjang utama pembangunan di wilayah Banten Selatan," katanya.

Ia berharap keberadaan destinasi wisata seperti lokasi 'outbound' tersebut akan menjadi salah satu  penunjang dan menambah destinasi wisata yang ada di Banten.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016