Bali (Antara News) - Atlet pria Indonesia Andy Wibowo dan Jauhari Johan berhasil menyabet peringkat 1 dan 2 Herbalife Bali Triathlon 2016 untuk kategori olympic bertempat di pantai Mertasari, Sanur, Bali.

"Saya cukup puas dengan prestasi yang capai hari ini meskipun bukan waktu tebaik yang pernah dicapai mengingat arus ombak di Sanur Bali sangat menantang," kata Andy Wibowo usai lomba di Sanur Bali, Minggu.

Andy mengatakan tidak ada persiapan khusus untuk mengikuti event ini karena memang sudah rutin berlatih di Bandung Jawa Barat untuk mengikuti Sea Games dan kejuaran internasional triathlon di Australia.

"Kondisi ombak memang sangat berpengaruh terhadap kecepatan mencapai finish untuk cabang berenang. Kalau biasanya saya selesaikan cukup 20 menit, kali ini mencapai 23 menit," ujar Andy.

Lebih jauh Jauhari Johan yang juga rekan satu team untuk Sea Games 2017 mengakui kondisi laut kali ini sangat menantang ombak dan arus yang kencang membuat harus berkerja keras untuk menyelesaikan jarak 1,5 kilometer.

"Kalau selebihnya lintasan lari dan jalan tidak terlalu berat mengingat kondisi cuaca sangat mendukung serta kondisi jalan yang mulus," jelas Jauhari.

Bagi Jauhari Herbalife Bali International Triathlon 2016 merupakan pertama kali diikuti, serta menjadi ajang uji coba untuk mengikuti Sea Games 2017.

Sedangkan untuk kategori Olympic wanita pemenang 1 dan 2 disabet team Australia Samantha Bennett dan Kate Bramley, sedangkan pemenang ketiga diraih Rosanna Billie dari Inggris.

Menurut Samantha mereka merupakan atlet triathlon SMA di Australia serta tidak ada persiapan khusus untuk menghadapi event tersebut, karena selama ini memang berlatih rutin untuk mengikuti berbagai event triathlon internasional.

Sedangkan Rosanna Billie atlet pendaki gunung asal Inggris yang memang kerap tinggal di Uluwatu Bali mengatakan keikutsertaan pada event ini dilatarbelakangi ketertarikan pada event yang sama tahun 2015.

Ketiga atlet asing ini juga menyatakan hal yang sama tantangan terberat saat berenang di laut mengingat arusnya yang kuat. Mereka juga ingin mencoba kegiatan yang sama pada tahun 2017.

Adapun rincian pemenang kategori Olympic (1,5 kilometer renang, 40 kilometer bersepeda, dan 10 kilometer lari) berdasarkan urutan pertama kategori pria adalah: Andy Wibowo Indonesia, Jauhari Johan Indonesia, dan Chris Boyle Australia, sedangkan kategori wanita: Samantha Bennett Australia, Kate Bramley Australia, dan Rosanna Billie Inggris.

Kategori Sprint (renang 0,5 kilometer, bersepeda 20 kilometer, dan lari 5 kilometer) kategori pria: Simon Hearn Austraia, Fauzy Fannyla Indonesia, Nicola Russo Italia. Sedangkan wanita: Hannah Blanchett, Shari Livingston, Caitlin Knight seluruhnya dari Australia.

Kemudian dalam ajang ini juga dipilih atlet terbaik Indonesia untuk Olympic meliputi untuk pria Muhammad Taufik, Yan Bakhtiar, Muhammad Firman Taufik. Sedangkan wanita Eva Desiana, Varra Dinda Adha Shafiyah, dan Yessy Fabio Verina.

Acara HBIT 2016 berlangsung di pantai Mertasari Sanur Bali, yang diawali dengan Olympic Distance Course pukul 6.30 pagi, diikuti Sprint Distance Course pada pukul 7 pagi, dan paling akhir 5k Fun Run pada pukul 7.30 pagi.

Tahun ini HBIT menyedot atlet dari seluruh penjuru dunia, termasuk atlet berprestasi dalam triathlon seperti Andi Wibowo, Jauhari Johan dan model Kelly Tandiono, Richard Sam Bera, Rachel Gaudry asal Australia pemenang Sprint Distance Bali Triathlon 2011, dan Stephane Vander Bruggen asal Belgia pemenang Bali Triathlon 2013.

Pewarta: Ganet Dirgantoro

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016