Jakarta (Antara News) - Produsen cat Nippon Paint menyelenggarakan gerakan mengecat seribu gapura yang dilaksanakan di 25 kota di Indonesia melibatkan masyarakat dan karyawan dalam rangka menyambut HUT RI ke-71.

"Gerakan ini untuk menggugah semangat gotong royong yang memang menjadi budaya masyarakat Indonesia, ternyata animo masyarakat sangat luar biasa jumlah gapura yang akan dicat melebihi perkiraan," kata CEO Nippon Paint Jon Tan di Jakarta, Kamis.

Jon Tan mengatakan terdapat 1/076 gapura yang diajukan RT/ RW untuk mengikuti program ini, menunjukkan semangat masyarakat Indonesia sangat luar biasa untuk berpartisipasi merayakan peringatan HUT Kemerdekaan RI.

Jon Ton juga menyampaikan demi suksesnya program ini Nippon Paint menyediakan lebih dari 10.000 liter cat eksterior premium yang tangguh terhadap cuaca tropis ekstrim dan ramah lingkungan meliputi Nippon Weatherbond  warna Briliant White 1001 dan Nippon Weatherbond Solareflect edisi Merah Merdeka 1945.

"Semuanya kami siapkan secara gratis, serta pelaksanaan pengecatannya dilakukan warga bersama-sama dengan karyawan kami yang berada di 32 depot di seluruh Indonesia. Kami berharap ada interaksi yang positif antara perusahaan dengan masyarakat ke depannya," ujar Jon Tan.

Terkait warna edisi khusus, Jon Tan menjelaskan, diformulasikan melalui tim riset dan pengembangan perusahaan serta telah disesuaikan dengan kode pantone standar internasional bendera Indonesia, warna tersebut dapat diperoleh di toko cat yang memiliki mesin pencampur (tinting).

Jon Tan juga menjelaskan gerakan mengecat seribu gapura ini juga dilombakan dengan total hadiah Rp150 juta terbagi dalam lima kategori yakni Jawa, Sumatra, Kalimantan, dan Indonesia Timur. Kemudian dari lima kategori itu akan diambil lima terbaik, serta 1 pemenang utama yang mendapatkan hadiah Rp50 juta yang dinilai dari kreativitas dan desain.

Bagi Johan Tan bukan persoalan hadiah yang menjadi tolak ukur gerakan ini. Tetapi antusias masyarakat untuk ikut bergotong royong dan kebersamaan dalam memeriahkan HUT Kemerdekaan RI.

Nippon Paint merupakan perusahaan asal Jepang yang beroperasi di Indonesia sejak 1969, saat ini memiliki empat lokasi pabrik yakni di Medan, Gresik, Purwakarta, dan Ancol dengan jumlah tenaga kerja mencapai 4.000 orang.

Produksi cat Nippon Paint di Indonesia sebagian besar untuk memenuhi kebutuhan industri (otomotif) sebanyak 60 persen, sedangkan 40 persen untuk kebutuhan cat dekoratif. Saat ini perusahaan tengah mempersiapkan pembangunan pabrik baru di Purwakarta sehingga kapasitas akan meningkat dari 150 juta liter menjadi 200 juta liter.

Pewarta: Ganet Dirgantoro

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016