Pandeglang, (Antara News) - Pemerintah Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, meminta semua kecamatan memaksimalkan program pembangunan yang telah direncanakan.

"Setiap kecamatan memiliki program yang merupakan aspirasi masyarakat yang dihimpun melalui musyawarah rencana pembangunan kecamatan (musrenbangcam), kami minta pelaksanaannya dimaksimalkan," kata Asisten Bidang Administrasi Tata Pemerintahan Umum Sekretariat Kabupaten Pandeglang Utuy Setiadi di Pandeglang, Rabu.

Ia juga menyatakan maksimalisasi pelaksanaan program diperlukan supaya "output"-nya jelas dan tepat sasaran.

Utuy juga mengharapkan, para camat agar sering turun ke lapangan atau desa/kelurahan supaya mengetahui permasalahan yang terjadi di lapangan, sehingga  dapat langsung merumuskan solusinya.

Pelaksanaan program yang dilaksanakan kecamatan, kata dia, selain akan dipantau oleh masyarakat, juga dinilai oleh Pemkab Pandeglang dan bagi yang dianggap berhasil akan diberikan penghargaan.

"Setiap tahun kita melaksanakan lomba pelaksanaan program pemerintah oleh kecamatan, ini sebagai dorongan bagi pihak kecamatan memamaksimalkan pelaksanaan program itu," ujarnya.

Untuk 2016, kata dia, sebanyak 12 kecamatan dinyatakan ikut dalam lomba itu, setelah menyisihkan kecamatan lainnya. Di Kabupaten Pandeglang terdapat 35 kecamatan.

"Ada beberapa pointer yang masuk dalam kriteria penilaian dalam lomba kecamatan, diantarannya intensitas kecamatan dalam monitoring terkait pelaksanaan pembangunan," katanya.

Selain itu, kata dia, pembinaan dan pemberdayaan masyarakat serta monitoring dalam pelaksanaan dana desa (DD) yang berasal dari Pemkab Pandeglang dan dana alokasi desa (DAD) yang merupakan bantuan pemerintah pusat.

Kabag  Administrasi Pemerintahan Umum Sekretariat Kabupaten Pandeglang Puji Widodo menyatakan,  penyerapan raskin, pelaksanaan PBB dan pelaksanaan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Sakip) juga menjadi penilaian kinerja kecamatan.

Pewarta: Sambas

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016