Lebak (Antara News) - Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Lebak Banten menyatakan menyatakan pemeriksaan kesehatan terhadap 320 calon haji di daerah itu berjalan lancar.

"Semua calon haji sebanyak 320 orang itu sudah diperiksa kesehatannya termasuk suntik vaksin meningitis," kata Kepala Bidang Pencegahan Penyakit Menular dan Penyehatan Lingkungan Dinkes Kabupaten Lebak dr Firman Rahmatullah di Lebak, Kamis.

Pemeriksaan kesehatan itu guna mencegah berbagai jenis penyakit yang menyerang secara akut dan cepat menular sebab pelaksanaan ibadah haji di Tanah Suci Mekkah Arab Saudi akan membutuhkan banyak energi.

Selain itu calon haji juga rawan terkena serangan penyakit menular, seperti ISPA dan penyakit menular lainnya.

"Kami berharap pemeriksaan kesehatan dan vaksinasi meningitis itu dapat memberikan ketahanan tubuh," katanya.

Menurut dia, pemberian imunisasi itu karena permintaan Pemerintah Arab Saudi agar setiap jemaah haji Indonesia mendapatkan vaksinasi meningitis.

Pelaksanaan vaksinasi meningitis dilakukan satu bulan sebelum keberangkatan ke Tanah Suci Mekkah sebab serangan bakteri meningitis sangat berbahaya dan mudah menular.

Karena itu, kata dia, seluruh jamaah calon haji Kabupaten Lebak sebanyak 320 orang tanpa kecuali harus mendapat imunisasi itu.

"Pelaksanaan vaksinasi meningitis berjalan tertib dan jamaah calon haji siap untuk keberangkatan pada Agustus 2016," katanya.

Ia juga mengatakan pemeriksaan kesehatan terhadap calon haji tersebut dilaksanakan selama dua hari (25-26 Juli 2016) bertempat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Adjidarmo Rangkasbitung dengan tertib dan lancar.

Pelaksanaan pemeriksaan kesehatan itu secara bergiliran dan mereka terlebih dulu menjalani pemeriksaan kesehatan fisik, antara lain kondisi tekanan darah, kolesterol, serta uji laboratorium.

Selanjutnya, mereka para calon haji disuntik vaksin meningitis.

"Kami belum bisa memberikan keterangan kepada publik hasil pemeriksaan dan kesehatan fisik lainnya, namun sebagian besar calon haji Lebak yang divaksin itu rata-rata usia di atas 50 tahun," katanya.

Sementara itu, Kepala Seksi Haji Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Lebak, Ahmad Tohawi mengatakan, pihaknya meminta jamaah haji agar menjaga kesehatan karena ibadah haji di Tanah Suci nanti membutuhkan ketahanan fisik dan stamina yang kuat.

"Kami berharap calon haji menjaga kesehatannya dengan baik karena pelaksanaan ibadah haji menguras banyak tenaga," tegasnya.

Pewarta: Mansyur

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016