Tangerang,  (Antara News) - Aparat Polresta Tangerang, Banten, memeriksa kelayakan sejumlah angkutan Lebaran 2016 agar pemudik merasakan aman dan nyaman selama dalam perjalanan.

"Kami memberikan teguran kepada beberapa pemilik bus supaya melengkapi peralatan kendaraan terutama yang termasuk angkutan Lebaran," kata Kasat Lantas Polresta Tangerang Kompol Eko Bagus Riyadi di Tangerang, Kamis.

Eko mengatakan pemeriksaan tersebut menyangkut rem, lampu, ban, alat pembersih kaca, pintu dan alat keselamatan lainnya.

Dalam pemeriksaan kelengkapan kendaraan tersebut aparat Polresta Tangerang dibantu petugas dari Dinas Perhubungan (Dishub) setempat.

Pemeriksaan itu dilakukan ketika bus antarkota antarprovinsi (AKAP) sedang menunggu penumpang seperti di jalan Raya Serang dan di Cikupa.

Namun bus yang diperiksa tersebut untuk jurusan beberapa kota di Jawa Tengah dan Jawa Timur serta kota lainnya di Sumatera Selatan dan Lampung.

Pihaknya memberikan teguran kepada pengelola bus angkutan Lebaran agar melengkapi peralatan kendaraan agar laik jalan dan mengutamakan keselamatan dan kenyamanan penumpang.

Menurut dia, pemeriksaan kelengkapan bus tersebut dilakukan bertahap sejak pekan lalu hingga menjelang H-7 Lebaran bersama tim dari Dishub setempat.

Sementara itu, Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Pemkab Tangerang, Thomas Sirait mengatakan menyiagakan sebanyak 170 petugas yang ikut dalam pengaturan arus lalu lintas selama mudik Lebaran 2016.  
Thomas mengatakan petugas siaga pada titik rawan kemacetan agar pemudik merasa nyaman dan aman menuju beberapa kota di Pulau Sumatera dan Jawa Tengah serta Jawa Timur.

Petugas tersebut ditempatkan di simpang susun tol Bitung, Kecamatan Curug, Balaraja dan Kecamatan Cikupa.

Dia mengatakan pemudik biasanya pemudik dari Jabodetabek dominan mengunakan sepeda motor menuju beberapa kota di Pulau Sumatera melintasi jalan Raya Serang hingga ke Merak.

Sedangkan jalur mudik bagi pengguna mobil biasanya melintasi jalan tol Jakarta-Merak melewati Cikupa dan Balaraja.

Pewarta: Adityawarman

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016