Tangerang (Antara News) - Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindag) Kota Tangerang, mengingatkan kepada setiap retail untuk segera menarik makanan yang telah kadaluarsa atau akan disita petugas dalam razia.

Kepala Bidang Perdagangan Disperindag Kota Tangerang Achmad Suhaely di Tangerang, Rabu, menuturkan, dari hasil razia yang dilakukan tim gabungan, ditemukan beberapa makanan yang masa berlakunya sudah lewat atau kadaluarsa.

"Beberapa jenis makanan dan minuman berhasil terjaring oleh petugas. Sehingga sampel dari makanan maupun minuman yang terindikasi masa berlakunya telah lewat dan kemasannya rusak diminta untuk ditarik dari pusat perbelanjaan tersebut," paparnya.

Dikatakannya, selama bulan puasa ini akan dilakukan tiga kali sidak ke lapangan untuk memeriksa makanan dan bahan pokok lainnya.

Kegiatan sidak dilaksanakan rutin setiap bulan kecuali pada waktu menjelang hari raya seperti lebaran idul fitri. 

Biasanya, yang menjadi sasaran pengecekan terutama adalah barang kemasan kurang bagus termasuk makanan atau minuman termasuk tidak punya ijin edar. 

"Kita antisipasi agar makanan tersebut tidak dikonsumsi oleh masyarakat, apalagi mengingat bahaya makanan yang tidak berijin maupun yang telah kadaluarsa," ujarnya.

Dalam razia yang dilakukan hari Selasa (21/6), petugas menemukan beberapa makanan yang telah rusak kemasannya.

Melalui kegiatan ini, pihaknya juga ingin berusaha menyelamatkan konsumen untuk tidak mengkonsumsi makanan atau minuman yang membahayakan.

Dalam razia yang dilakukan, ada tiga lokasi yang dikunjungi oleh tim gabungan tersebut, antara lain Pusat Perbelanjaan Sabar Subur di Pasar Anyar, Smart Club di Metropolis serta Save Max di Kebun Nanas.

"Selepas ini kita juga akan terus melakukan pengawasan secara intensif di Supermarket ataupun Minimarket lainnya. Kami juga tidak akan segan untuk melakukan tindakan tegas kepada pengusaha yang nekat menjual makanan atau minuman kadaluarsa," ujarnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016