Tangerang (Antara News) - Universitas Islam Syekh Yusuf (UNIS) Tangerang, Banten, melakukan kerjasama dengan Universitas Kyoto Jepang terkait peningkatan dosen dan pembelajaran mahasiswa.

Rektor Universitas Islam Syekh Yusuf Tangerang, Prof. DR. H. Mustofa Kamil, M.Pd di Tangerang, Rabu, mengatakan, nantinya para dosen UNIS Tangerang melakukan pembelajaran mengenai penulisan buku, jurnal ilmiah dan lingkungan.

Bahkan, para dosen dan mahasiswa diberikan kesempatan untuk mengenyam pendidikan di Universitas Kyoto Jepang karena menerima lanjutan pendidikan untuk S1, S2 dan S3.

Tak hanya itu saja, dalam kerjasama tersebut pun, Universitas Kyoto Jepang memberikan faasilitas bagi dosen UNIS Tangerang belajar tentang lingkungan. Sebab, Kota Kyto di Jepang dikenal sebagai kota terbersih.

"Universitas Kyoto Jepang juga menyediakan beasiswa bagi dosen dan mahasiswa untuk pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Ini ada peluang yang sangat bagus dalam kerjasama yang dijalin," ujarnya.

Rencananya, pada tahun ini ada tiga dosen yang disiapkan untuk dikirim ke Universitas Kyoto Jepang. Namun, sedang disiapkan mengenai komunikasi bahasa inggris dan jepang.

Sedangkan untuk mahasiswa, UNIS Tangerang akan melakukan seleksi sebab Universitas Kyoto Jepang sangat detail dalam menerima mahasiswa melalui rekam jejaknya.

"Kita harapkan, ada dosen dan mahasiswa yang bisa belajar ke sana untuk peningkatan pembelajaran maupun kemajuan dalam bidang lainnya," paparnya.

Kemudian, UNIS Tangerang pun akan mengundang dosen dari Universitas Kyoto Jepang untuk memberikan kuliah umum kepada mahasiswa dan dosen.

Pasalnya, tak hanya mengejar akreditasi program studi saja tetapi juga harus disiapkan masa depan dalam peningkatan kapasitas dosen dan mahasiswa.

"Maka itu, kedepannya kerjasama dengan Pemda, Kampus dalam dan luar negeri akan terus diperbanyak. Dalam waktu dekat, sedang dijajaki dengan Universitas Sains Malaysia," paparnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016