Serang (Antara News) - Pemprov Banten melalui Dinas Sosial (Dinsos) mencairkan dana bantuan sosial berupa program Jaminan Sosial Rakyat Banten Bersatu (Jamsosratu) tahap I tahun 2016 senilai Rp3,375 miliar, untuk 54 ribu Rumah Tangga Sasaran (RTS) melalui Kantor Pos.

Pencairan Jamsosratu tahap pertama tersebut disaksikan langsung Gubernur Banten Rano Karno di lapangan Kantor Dinas Sosial (Dinsos) Banten, bersamaan dengan acara peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) Tingkat Provinsi Banten, di Serang, Kamis.

Dalam kesempatan tersebut, ada 201 RTS yang menerima pencairan bantuan tunai bersyarat tahap pertama masing-masing senilai Rp750 ribu per RTS. Pencairan secara simbolis di  Kantor Dinsos diberikan kepada RTS di lima kelurahan di Kota Serang, yakni warga Kelurahan Cilaku, Curug, Kemanisan, Sukajaya, dan Sukawana.

Gubernur Banten Rano Karno mengingatkan kepada penerima Jamsosratu agar dana tersebut digunakan untuk kebutuhan rumah tangga menjelang Puasa Ramadhan.

"Saya instruksikan Dinsos agar hari ini dicairkan karena mau puasa, lumayan untuk munggahan yah. Bantuan ini digunakan untuk kebutuhan rumah tangga, jangan dikasihkan ke bapak, nanti dia beli rokok. Enggak boleh yah," kata Rano dihadapan para penerima Jamsosratu tersebut.

Ia juga meminta Dinsos Banten agar penyaluran Jamsosratu tahap II dilakukan sebelum Hari Raya Idul Fitri. Rano berharap, tahun depan Pemprov Banten dapat menekan angka kemiskinan.

"Kalau bisa ditekan, Alhamdulillah. Kalaupun belum, kami berusaha tahun depan akan meningkatkan bantuannya," kata Rano Karno.

Kepala Dinsos Banten Ino S Rawita mengatakan, tahun ini bantuan dana Jamsosratu dialokasikan Rp40,500 miliar untuk 54.000 RTS yang tersebar di delapan kabupaten/kota se-Banten. Dalam satu tahun, masing-masing RTS mendapatkan Rp2.250.000 yang disalurkan dalam tiga tahap.

"Untuk simbolis pencairan tahap pertama ini ada 201 RTS dari lima kelurahan dengan nilai total bantuan Rp150,750 juta. Masing-masing RTS menerima Rp750 ribu untuk satu kali pencairan," kata Ino. 

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016