Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin berharap 90 anggota Pramuka Kwartir Cabang (kwarcab) yang mengikuti Perkemahan Antar Satuan Karya (Peransaka) III Banten 2023 dapat menciptakan perubahan dan meningkatkan rasa kepedulian terhadap sesama.

"Tak hanya itu saja. Mereka kami harapkan juga dapat meningkatkan kreativitas serta inovasi," kata Wakil Wali Kota Tangerang Sachrudin usai melepas anggota pramuka untuk ikuti Peransaka di Plaza Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Selasa.

Perkemahan Antar Satuan Karya (Peransaka) III Daerah Banten 2023 dilaksanakan di Bumi Perkemahan Kitri Bakti, Curug Kabupaten Tangerang, 12-16 Juli.

Ia juga berpesan kepada seluruh peserta dari kontingen cabang Kota Tangerang agar dapat memanfaatkan momentum kegiatan tersebut dengan sebaik-baiknya. 

"Saya harap adik-adik Pramuka dapat memanfaatkan momentum Peransaka dengan sebaik-baiknya, dapat mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dengan senantiasa mengikuti arahan dari kakak-kakak pembina di sana," katanya menambahkan.

Baca juga: Polisi Tangerang ungkap dan tangkap tersangka penipuan tiket NCT Dream

Selain itu, Sachrudin juga meminta kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk senantiasa mensosialisasikan berbagai program Pemkot kepada masyarakat. 

"Harus didorong terus pendidikan baik pendidikan karakter seperti Pramuka maupun pendidikan akademis yang dapat dijangkau oleh seluruh masyarakat Kota Tangerang di seluruh sekolah negeri serta di 146 sekolah swasta di Kota Tangerang yang telah Pemkot gratiskan."

Wakil Ketua Pramuka Kwarcab Kota Tangerang, Engkos Zarkasyi menuturkan Peransaka akan diisi oleh banyak kegiatan bakti sosial, gotong royong di sekitar wilayah lingkungan masyarakat, pembersihan rumah ibadah, dan penanaman pohon. 

"Para anggota yang berangkat ini akan banyak melakukan kegiatan sosial. Jadi, peran pramuka pada masyarakat juga dapat dirasakan secara langsung dan dapat bersilaturahmi juga dengan kwarcab kota/kabupaten lain," lanjutnya.

Engkos berpesan kepada para anggota kwarcab Kota Tangerang yang akan berangkat pada kegiatan Peran Saka, untuk melakukan yang terbaik selama kegiatan berlangsung dan jaga nama baik Kwarcab dan Kota Tangerang. 

Baca juga: 1.000 pemuda di Kota Tangerang ikuti pelatihan kewirausahaan

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023