Jakarta (Antara News) - PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk memperkuat komitmen membangun kemajuan bangsa yang diwujudkan melalui digitalisasi ekosistem bisnis sektor pariwisata.

"Digitalisasi yang dikembangkan Telkom diharapkan dapat meningkatkan daya saing sektor pariwisata Indonesia di pasar global," kata Direktur Direktur Enterperise & Business Services Telkom Muhammad Awaluddin, dalam siaran pers di Jakarta, Rabu.

Menurut Awaluddin, perseroan melalui Telkom Solution terus berupaya mengembangkan layanan solusi total information and communication technology (ICT) untuk membangun negeri di sektor pariwisata.

Pengembangan pariwisata dilakukan melalui penyediaan solusi digital ekosistem terintegrasi, layanan big data analytic, digital marketing, dan penyediaan ICT solution yang sesuai dengan value chain dari industri pariwisata.

Seluruh layanan tersebut merupakan persembahan dari Telkom Solution untuk dunia pariwisata Indonesia agar dapat menjadi destinasi wisata kelas dunia.

Ia menjelaskan, sektor pariwisata menjadi pilar pembangunan ekonomi bangsa yang menyumbang 8 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) nasional.

Salah satu kelemahan sektor pariwisata Indonesia adalah pemanfaatan ICT  yang masih rendah.

"Untuk itu, Telkom mellaui Telkom Solution memiliki cita-cita untuk menjadikan Indonesia sebagai "Digital Tourism Kingdom," tegas Awaluddin.

Sumbangsih digitalisasi industri yang telah dilakukan Telkom Solution antara lain memberikan layanan digitalisasi sistem ticketing di destinasi wisata, seperti di Candi Borobudur, Prambanan, Ratu Boko, dan Keraton Kasepuhan Cirebon.

Selain itu Telkom Solution juga mendukung layanan digitalisasi hotel yang telah diadopsi oleh beberapa chain hotel, seperti Accor dan Intiwhiz Internasional.

Hal ini dilengkapi pula dengan menghadirkan kemudahan layanan delivery dan digitalisasi bisnis proses pelayanan di jaringan cafe dan resto, seperti KFC, Mc Donalds, Pizza Hut, dan Mitra Adi Perkasa Food & Beverage (Starbucks, Burger King, Domino Pizza, Krispy Kreme).

"Telkom Solution sebagai layanan total solusi ICT Divisi Enterprise Service berharap dapat lebih fokus  untuk memenuhi kebutuhan enterprise customer berdasarkan sektor industri sebagai kontribusi dalam pembangunan ekonomi Indonesia," pungkas Awaluddin.

Pewarta: Ganet Dirgantoro

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016