Serang (Antara News) - Kapolda Banten secara resmi diserahterimakan dari Brigjen Pol Boy Rafli Amar kepada Brigjen Pol Ahmad Dofiri, melalui upacara 'Farewell dan Wellcome Parade" di Mapolda Banten Jl Syekh Nawawi Al-Bantani, Kota Serang, Senin.

Dalam upacara penyambutan Kapolda Banten yang baru tersebut, dilakukan pengalungan sarung, pemasangan peci serta golok sebagai simbol Jawara ciri khas masyarakat Banten, oleh Brigjen Pol Boy Rafli Amar kepada Kapolda Banten yang baru Brigjen Pol Ahmad Dofiri yang didampingi istrinya.

Setelah upacara penyambutan yang dimeriahkan kesenian rampak bedug, keduanya langsung memimpin upacara pasukan yang dihadiri seluruh perwira dan anggota polisi di Jajaran Polda Banten.

Dalam sambutannya, Mantan Kapolda Banten Boy Rafli Amar menyampaikan permintaan maaf kepada seluruh jajaran Polda Banten dan masyarakat Banten jika terdapat kesalahan dan kekurangan selama memimpin Polda Banten selama sekitar 16 bulan.

Ia juga menyampaikan terimakasih atas dukungan semua pihak, TNI, Pemerintah Provinsi Banten, anggota Polda Banten dan seluruh masyarakat Banten, karena tanpa dukungan semua pihak sulit mewujudkan kinerja Polda Banten yang optimal.

"Selama 16 bulan saya bertugas sebagai Kapolda Banten, telah meninggalkan kesan yang sangat mendalam. Saya merasa belum banyak yang saya dapat berikan demi kemajuan serta keamanan dan ketertiban masyaralat Banten," kata Boy Rafli saat menyampaikan sambutanya.

Sementara itu Kapolda Banten Brigjen Pol Ahmad Dofiri mengatakan dirinya siap melanjutkan semua program dan keberhasilan yang telah dilakukan Kapolda Banten terdahulu, khususnya dengan telah terwujudnya sinergitas polisional dari seluruh komponen pemerintah dan masyarakat Banten.

Namun demikian, kata Kapolda Banten, tantangan tugas Polda Banten akan semakin kompleks, dinamika perkembangan lingkungan strategis bergerak dengan cepat, pada berbagai aspek kehidupan masyarakat.

Kondisi tersebut ditandai dengan adanya perkembangan ekonomi, teknologi, arus informasi yang berkembang cepat dan canggih serta mobilitas masyarakat yang semakin tinggi bersamaan dengan diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

"Sebagai langkah konkret menghadapi dinamika dan tantangan tugas yang semakin kompleks, maka diperlukan soliditas dan komitmen dari seluruh personel Polda Banten. Semuanya itu mustahil bisa terlaksana bila tidak ada dukungan semua pihak," kata Ahmad Dofiri.

Kapolda Banten mengajak semua pihak di Banten, pejabat utama dan para Kapolres serta seluruh anggota Polda Banten yang didukung oleh Pemerintah Provinsi Banten, TNI dan elemen masyarakat Banten, untuk menjamin terciptanya visi Polda Banten.

Visi Polda Banten, yakni terwujudnya Polda Banten yang kakin pfofesional, unggul dan dapat dipercaya masyarakat, guna mendukung terciptanya kondisi yang aman, bersatu mandiri dan berkepribadian, dengan berlandaskan semangat gotong royong di wilayah hukum Polda Banten.

Brigjen Pol Ahmad Dofiri menggantikan Brigjen Pol Boy Rafli Amar karena mendapatkan tugas baru sebagai Kadiv Humas Mabes Polri. 

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016