Jakarta (Antara News) - Tolaram Group perusahaan global dengan bisnis utama dibidang consumer goods membangun apartemen dua sayap masing-masing 33 dan 39 lantai untuk segmen atas berlokasi di Tendean Jakarta Selatan.

"Arzuria Apartment merupakan proyek pertama kali kami di Indonesia, setelah sebelumnya berhasil mengembangkan properti di Asia, Eropa, dan Afrika," kata Executive Director Tolaram Group, Sonny Aswani di Jakarta, Kamis.

Sonny mengatakan Arzuria Apartment nantinya akan dibangun melalui PT Arzu Utama Realty yang dalam waktu dekat ini akan segera menunjuk kontraktor dengan investasi sekitar 60 juta dolar AS.

"Portofolio bisnis perusahaan untuk consumer goods sebesar 65 persen sedangkan lainnya dibidang infrastruktur, energi, IT, distribusi, layanan finansial, produk kertas, dan untuk realestat/ properti sendiri sebesar 5 persen," kata Sonny.

Sonny mengatakan Tolaram bermitra dengan sejumlah perusahaan besar diantaranya Dufil Prima Foods PLC joint venture dengan Salim Group untuk memasarkan mie siap saji, pasta, minyak goreng, dan snack untuk pasar Afrika Barat.

Kemudian, Kellogg membeli 50 persen saham dari perusahaan sales dan distribusi makanan yang dimiliki Tolaram, Multipro untuk mengembangkan produk sarapan dan snack di kawasan Afrika Barat, jelas dia.

Kerja sama juga dilakukan dengan Arla Food, produsen produk dairy di Skandinavia, berpusat di Denmark untuk memasarkan produk Dano Milk di Afrika Barat, ungkap Sonny lagi.

Sedangkan untuk bisnis properti, menurut CEO Realestate Tolaram Group, Tan Swee Siong sejumlah penghargaan internasional telah diraih baik itu di Eropa maupun Asia. Proyek properti yang dibangun diantaranya Hawaii Towers dan Tolaram Centre di Singapura, Supermarket Rirni di Estonia, dan Pagari One.

Pagari One, menurut Tan, merupakan karya gemilang perusahaan karena berhasil merestorasi bangunan bersejarah yang telah berusia 100 tahun di Talinn Estonia, yang sebelumnya dipergunakan sebagai kantor pusat KGB.

"Kami berhasil membangun kawasan ini menjadi 42 unit apartemen modern untuk segmen atas. Karya kami ini mendapat penghargaan dari FIABCI Baltic Prix D'Excellence 2014," ujar dia.

Sonny menyatakan harapannya aktivitas Tolaram Group tidak akan berhenti pada Arzuria saja, ada beberapa rencana pembangunan properti di Indonesia kedepannya mengingat prospek pasarnya cerah.

Lebih jauh Marketing Director PT Arzu Utama Realty, Chilia Djaya mengatakan dengan harga Rp35 juta per meter persegi diharapkan apartemen dapat memenuhi kebutuhan pasar atas di Indonesia yang membutuhkan unit yang luas sebagai tempat tinggal.

Dia menyatakan optimistis pasar Indonesia mampu menyerap unit apartemen mewah seperti Arzuria meskipun daya beli kelas atas masih lemah, tetapi di tahun depan pasti akan bertumbuh.

Terbukti sejak diluncurkan ke pasar tahap 1 pada kuartal 2015 sebanyak 45 persen dari unit yang tersedia sudah dipesan, sebagian besar pembeli berasal dari Jakarta.

Untuk memenuhi keinginan pasar atas di Indonesia, Arzuria menggandeng SCDA Architecs, Web Structures, dan Web Earth dari Singapura untuk mendesain keseluruhan bangunan termasuk interior, jelas Chilia. 

Pewarta: Ganet Dirgantoro

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016