Serang (Antara News) - Gubernur Banten Rano Karno melantik Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Airin Rachmi Diany dan Wakil Walikota Benyamin Davnie untuk jabatan periode 2016-2021, di Pendopo Gubernur Banten di Serang, Rabu.

Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany dan Wakilnya Benyamin Davnie dilantik untuk ke dua kalinya menjadi walikota Tangesel untuk periode 2016-20121. Pasangan tersebut merupakan hasil Pilkada serentak 9 Dsemeber 2015 lalu.

Gubernur Banten Rano Karno meminta kepada Walikota Tangsel yang baru dilantik untuk segera turun ke lapangan menyelesaikan berbagai persoalan pembangunan yang masih menjadi pekerjaan rumah, diantaranya masalah pengangguran, pembenahan transportasi, persoalan sampah, pendidikan, kesehatan serta upaya-upaya untuk pemberantasan korupsi serta persoalan lingkungan hidup.

"Secara umum target-target pembangunan di Tangerang Selatan menunjukan hasil yang signifikan," kata Gubernur Banten Rano Karno.

Rano Karno mengapresiasi hasil capaian pembangunan secara umum di Tangsel berdasarkan target dan sasaran Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Tahun 2011-2016, seperti angka pengangguran dari 11,98 persen turun menjadi 6,9 persen, tingkat kemiskinan turun dari 1,69 persen menjadi 1,62 persen.

Selanjutnya pendapatan per kapita penduduk menjadi 34,3 juta, Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) naik dari 7,5 jadi 8,9, inflasi turun dari 11 persen menjadi 3.3 persen dan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) naik dari 75,74 persen menjadi 79,17.

"Melalui capaian tersebut, kami harapkan agar terus dipertahankan dan ditingkatan dengan tetap terfokus pada peningkatan penyelenggaraan tata pemerintahan yang baik dan bersih," kata Rano.

Ia juga mendorong Walikota Tangsel untuk melakukan pengendalian pertumbuhan penduduk kota, pemeliharaan dan peningkatan penyediaan prasarana dan sarana kota, meningkatkan daya saing Sumber Daya Manusia (SDM), peningkatan pertumbuhan perekonomian melalui pengembangan.

"Secara khusus saya ingin menyampaikan agar saudara walikota dan wakil walikota dapat mengimplementasikan ideologi dan kebijakan pembangunan yang adil dan berkelanjutan sesusi dengan sasaran pembangunan nasional. Jangan bekerja dibelakang meja turun langsung kelapangan untuk mengurai masalah dan mendorong peningkatan pelayanan kepada masyarakat," kata Rano Karno.

Sementara itu Walikota Tangsel Airin Rachmi Diany usai dilantik mengatakan, pihaknya akan segera mengevaluasi program kerja yang sudah dilaksanakan pada tahun-tahun sebelunya sesuai dengan target dan sasaran yang sudah direncanakan.

Pihaknya akan membangun apa yang belum dibangun dan mengembangkan apa-apa yang sudah dialskanakan pada periode lima tahun sebelumnya.

Airin mengatakan visi Tangsel sesuai dengan apa yang telah disampaikan kepada masyarakat saat kampanye lalu yakni menjadikan Kota Tangsel yang cerdas, berkualitas dan berdaya saing berbasis teknologi dan inovasi.

"Pada intinya ada tiga hal yang akan dilakukan yakni membangun apa yang belum kita bangun, mengembangkan dan meningkatkan apa yang sudah dilakukan pada 2011 sampai 2016," kata Airin Rachmi Diany didampingi Wakil Walikota Tangsel Benyamin Davnie.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016