Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tangerang Banten memastikan Pra Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMP yakni proses pendaftaran awal calon peserta didik telah berjalan sejak 11 April hingga 12 Juli nanti.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Jamaluddin di Tangerang, Senin mengungkapkan Pra-PPDB merupakan proses pendaftaran awal calon peserta didik dengan cara menginput atau melengkapi biodata calon peserta didik dan mengupload dokumen kelengkapan yang dipersyaratkan.

Kemudian, petugas akan melakukan verifikasi data calon peserta didik untuk mendapatkan Personal Identifucatin Number (PIN). Petugas akan memberikan PIN melalui pesan whatsapp ke nomor yang di-input orang tua atau wali murid saat mengupload kelengkapan dokumen. 

Baca juga: Al Muktabar luncurkan PPDB SMAN/SMKN dan SKhN Provinsi Banten tahun 2023/2024

“Bagi para orangtua calon siswa yang ingin mendaftarkan anaknya ke SMP Negeri di Kota Tangerang, diimbau lebih dulu memastikan telah mendaftar Pra-PPDB sesuai dengan aturan, persyaratan dan kelengkapan yang ditetapkan. Langkah ini perlu dilakukan, sebagai langkah singkronisasi pendataan data kependudukan,” kata Jamaluddin.

Sementara itu PPDB SMP Negeri yang akan dimulai pada 26 Juni mendatang. Bagi para orang tua calon siswa bisa mengakses pendaftaran Pra-PPDB melalui website di prappdb.tangerangkota.go.id. 

Diimbau, orang tua atau wali murid untuk segera melakukan pendaftaran Pra-PPDB sebelum PPDB resmi dibuka. Hal ini dilaksanakan karena Dinas Pendidikan tidak lagi mendapatkan data kependudukan.

"Karena seluruh data kependudukan saat ini kewenangan untuk memberikan akses kepada instansi lain hanya dilakukan oleh Kemendagri," pungkas Jamaluddin.

Baca juga: Daya tampung SD negeri di Kota Tangerang 22.600 murid
Baca juga: YDMI minta DISDIK Banten tetapkan SMA inklusi jelang PPDB

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Bayu Kuncahyo


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023