Serang (Antara News) - Pemerinta Provinsi Banten menghibahkan lahan sekitar 9,5 hektare kepada Kementerian Kesehatan (Kemenkes) di Jalan Syekh Nawawi Al-Bantani Kota Serang, untuk pembangunan sekolah Politeknik Kesehatan (Poltekes) Kemenkes di Banten.

Penyerahan hibah lahan tersebut secara simbolis disampaikan Gubernur Banten Rano Karno kepada kepala Biro Keuangan dan Barang Milik Negara (BMN) Kemenkes RI Wiwik Widarti, pada saat pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) di Halaman Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Banten Jl Syekh Nawawi Al-Bantani di Serang, Selasa.

Lahan yang berlokasi tidak jauh dari Labkesda Banten tersebut, akan dibangun sekolah Politeknik Kesehatan (poltekes) milik Kementerian Kesehatan RI yang ada di Banten. Saat ini Poltekes tersebut berada di Kabupaten Lebak untuk jurusan kebidanan dan di Tangerang untuk keperawatan.

"Kami berharap dengan keberadaan Poltekes di Banten ini, bisa menambah Sumber Daya Manusia (SDM) bidang kesehatan untuk meingkatkan derajat kesehatan masyarakat Banten," kata Gubernur Banten Rano Karno usai penyerahan lahan tersebut.

Menurutnya, hibah lahan tersebut sudah lama direncanakan oleh Pemprov Banten, namun karena berbagai kendala baru terealiasi pada 2016 ini. Dengan harapan melalui Banten dari Kementerian Kesehatan untuk pembangunan fisiknya, maka Poltekes di Banten bisa segera terealiasi.

"Selama ini kampusnya ada di Lebak dan Tangerang untuk dua jurusan. Nah nanti kalau sudah dibangun di sini, nantinya akan dipusatkan di lokasi ini,"kata Rano Karno.

Pihaknya mengakui bahwa di Provinsi Banten teaga kesehatan masih sangat kurang termasuk sarana kesehatan atau rumah sakit juga masih kurang. salah satu contohnya dikawasan wisata Anyer-Carita yang begitu luas, belum ada rumah sakit untuk memberikan pelayanan optimal bagi masyarakat sekitar serta para wisatawan jika mengalami sakit.

"Mudah-mduahan keberadaan Poltekes ini bisa dimanfaatkan untuk anak-anak Banten, agar menjadi tenaga kesehatan yang terpilih dan profesional,"katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten HM Yanuar mengatakan, pembangunan fisik atau konstruksi Poltekes Kementerian Kesehatan di Banten, akna dibiayai oleh Kemenkes melalui dana APBN. Bahkan pada anggaran 2016 ini Kemenkes sudah menganggarkan untuk pembangunan fisiknya, meskipun kemungkinan tidak bisa diselesaikan dalam satu tahun anggaran.

"Kami menyediakan lahannya melalui mekanisme hibah. Nah nanti pembangunan fisiknya oleh pusat melalui Kemenkes. tentu kebreadaan poltekes di Banten ini akan sangat bermanfaat untuk meningkatkan pembamngunan bidang kesehatan,"kata HM Yanuar. 

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016