Eka Hospital group bekerjasama dengan Prudential Indonesia serta PMI Kota Tangerang Selatan menyelenggarakan kegiatan donor darah sebagai upaya mewujudkan rasa kepedulian terhadap sesama yang membutuhkan.

R. Octdy Hendrawan selaku Direktur Sales Eka Hospital Group di Tangerang Rabu mengatakan, dengan kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan rasa kepedulian dan sukarela karyawan terhadap sesama bagi yang membutuhkan, karena setetes darah sangat berarti bagi kehidupan orang lain. 

“Kami berharap setiap langkah kecil yang dibuat oleh Eka Hospital khususnya, dapat mempunyai manfaat serta bisa membantu sesama yang membutuhkan," kata Octdy dalam keterangannya.

Kegiatan donor darah digelar pada tanggal 30 Mei 2023 di  Prudential Center Kota Kasablanka, kemudian dilanjutkan pada 31 Mei 2023 di PruTower Setiabudi dan pada tanggal 12-13 Juni 2023 mendatang di PruUniversity Kota Kasablanka.

Kegiatan ini dihadiri oleh direksi Eka Hospital Group yakni R. Octdy Hendrawan selaku Direktur Sales Eka Hospital Group), Roosmeiny Kartika sebagai Head of Insurance Eka Hospital Group, Karin Zulkarnaen selaku Chief Customer & Marketing Officer  Prudential Indonesia, Ivy Wijaya sebagai Chief Patnership Distrbution Officer Prudential Indonesia dan Novi Imelda sebagai Chief Investment Officer Prudential Indonesia, Maria Rosalinda sebagai Chief Risk & Compliance Officer Prudential Indonesia serta seluruh karyawan Prudential yang berpartisipasi melakukan kegiatan donor darah.

Sebelumnya Eka Hospital Group juga tengah menyelenggarakan healthtalk bersama karyawan Prudential mengenai manfaat donor darah bagi kesehatan tubuh. 

dr. Alfonsus Alex selaku narasumber healthtalk menuturkan, donor darah merupakan proses pengambilan sebagian darah yang kita miliki untuk disumbangkan dan disimpan di bank darah yang sewaktu-waktu dapat dipakai untuk transfusi darah. Donor darah tidak hanya memberikan manfaat bagi orang yang membutuhkan, tetapi juga memberikan manfaat bagi pendonornya.

Penelitian menyebutkan bahwa kegiatan donor darah yang rutin dapat menurunkan risiko kejadian serangan jantung sampai 1/3 kali, terutama pada pria. 

Beberapa keuntungan lain dari donor darah rutin berdasarkan beberapa penelitian lain adalah menurunkan stres oksidatif di dalam tubuh, menurunkan kejadian resistensi insulin, serta  meningkatkan kadar HDL (kolesterol baik).

Lebih lanjut dr. Alex juga menjelaskan sejumlah persyaratan donor darah yaitu sehat jasmani dan rohani, calon pendonor harus berusia 17-60 tahun, berat badan minimal 45 kg, kadar hemoglobin > 12,5gr- 17,0gr, tekanan darah 100-140 mmHg dan 70-90 mmHg. 

“Selain persyaratan diatas, untuk pendonor wanita dalam keadaan tidak sedang hamil dan menyusui. Pendonor juga tidak sedang mengkonsumsi obat apapun selama 3 hari juga tidak sedang dalam pengobatan, diet ketat, dan pasca operasi," katanya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023