Pemerintah Kota Tangerang, Provinsi Banten menjalin kerja sama dengan dua perusahaan untuk memberikan pelatihan keterampilan bagi masyarakat setempat agar memiliki daya saing di dunia kerja.

"Supaya masyarakat bisa belajar dan jika sudah terampil bisa disalurkan sesuai keahlian yang sudah dilatih," kata Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah di Tangerang, Senin.

Berdasarkan data Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang, dua perusahaan yang menjalin kerja sama dengan pihak pemkot setempat itu,  PT Aetrotrans dan PT Pasific Paint.

Pada peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) 2023, Pemkot Tangerang memberikan bantuan melalui Program Tangerang Emas kepada tiga kelompok usaha masyarakat, sertifikat halal bagi dua UMKM, Nomor Induk Berusaha (NIB) kepada 20 UMKM, dan 20 orang penerima sertifikat Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP).

Berdasarkan data, Pemerintah Kota Tangerang telah menerbitkan 33.240 Nomor Induk Berusaha (NIB) bagi pelaku usaha mikro dan kecil.

Untuk Program Tangerang Emas, Pemerintah Kota Tangerang telah memberikan bantuan kepada 305 pelaku usaha dengan total Rp 603.000.000.

"Harkitnas harus menjadi semangat untuk bangkit semua sektor kehidupan, yang disertai aksi nyata, bukan hanya pembahasan tanpa aksi," katanya.

Terkait dengan peringatan Harkitnas 2023 di daerah itu, ia menjelaskan, bahwa hal tersebut momen untuk bersama-sama bangkit dan memajukan masyarakat setempat,  baik segi sosial maupun ekonomi.

"Kita harus bisa keluar dari zona nyaman untuk beradaptasi dengan kondisi perubahan zaman yang terjadi," katanya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023