Pembina Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Nusantara, Kota Tangerang Selatan, Medi Sumaedi menilai bahwa Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) wilayah Banten mampu menjadi penggerak percepatan tata kelola pertumbuhan ekonomi bagi kalangan pengusaha lokal.

"Tentu harapan kami dengan kehadiran IAI Banten ini bisa membantu mendorong gerak ekonomi usaha kami, karena, nanti kami juga bisa bersaing dengan pengusaha-pengusaha luar dalam mengelola akutansinya," kata Medi di Tangerang Selatan, Sabtu (20/5).

Menurut dia, ada beberapa hal yang menjadi kunci bagi pengusaha lokal di Indonesia untuk mampu bersaing dalam mengelola penggerak pertumbuhan ekonomi khususnya untuk pengelolaan keuangan.

Oleh sebab itu, pihaknya pun berharap IAI dapat berkontribusi dan membantu untuk meningkatkan kualitas pengelolaan akuntansi para para pelaku usaha lokal di daerah.

"Maka, dengan IAI bisa memperlancar dan mempercepat pertumbuhan ekonomi bagi pengusaha dan masyarakat, sehingga nanti akan banyak pengusaha yang lancar dalam mengelola keuangan itu," katanya.

Ia juga menilai jika IAI ini merupakan organisasi besar yang bisa meningkatkan kredibelitas dan profesionalisme bagi anggota akuntansi di Indonesia.

"IAI ini merupakan organisasi besar dalam pengelola akutansi. Kami juga sangat mendukung terkait kegiatan peningkatan profesional anggotanya," tuturnya.

Selain itu, lanjutnya, IAI sangat berperan penting dalam mendukung pembangunan daerah khususnya di Provinsi Banten dan terlebih di Kota Tangerang Selatan sebagai menentukan kebijakan.

"Saya juga berharap IAI ini menjadi pelopor dalam hal mengawal tentang keuangan daerah, sehingga daerah itu tidak bermasalah," katanya.

Ia menambahkan sebagai organisasi yang mengerti pada tata kelola keuangan, diminta agar bisa memberikan bimbingan secara teknis mengenai akuntansi dan penatausahaan keuangan kepada para pengusaha lokal. Sebab tugas dan tanggung jawab seorang akuntan sangat penting dan strategis di dunia usaha tersebut.

"IAI bisa melahirkan program-program unggulan dengan membangun kemitraan khususnya bersama pemerintah daerah dan tentu cakupan besarnya adalah di Banten," kata dia.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023