Ikatan Akuntan Indonesia (IAI) wilayah Banten periode 2023-2026 menggelar kegiatan rapat kerja (raker) sebagai memperkuat transformasi profesi melalui peningkatan kualitas dan kredibelitas keanggotaan akuntan.

Ketua IAI Banten, Dr. Poniran mengatakan bahwa raker tahun ini ditujukan sebagai meningkatkan kualitas dan profesionalisme para anggota serta mengkonsolidasi dan mereview program kerja tahun 2023 dari ikatan akuntan Indonesia wilayah Banten.

"Jadi kegiatan ini memang memiliki target yang  bisa direalisasikan tahun ini, seperti meningkatkan kualitas anggota muda. Selain itu juga kita tengah merancang program kerja dengan menggaet instansi-instansi, seperti pemerintahan, swasta dan organisasi yang ada di Banten," ucap Poniran usai menghadiri kegiatan raker periode 2023 di salah satu hotel di Tangerang Selatan, Sabtu.

Ia menyebutkan, setelah konsolidasi terkait program kerja dan peningkatan kualitas anggota IAI tersebut terealiasai, ke depannya diharapkan semakin bisa dan terus berupaya bekerja bersama dengan instansi atau perguruan tinggi serta forum-forum akuntansi untuk menjalankan prakarsa IAI Banten.

Kemudian, target selanjutnya pihaknya bisa menjalani kerja sama dengan pemerintah daerah mengenai badan layanan umum sebagai memberikan kurikulum pendidikan akuntansi dan pendidikan profesi yang sesuai dengan perkembangan teknologi dan disrupsi bisnis.

"Khusus pemerintah, kita ingin melaksanakan kerja sama BLU disetiap instansi seperti rumah sakit, puskesmas dan lain sebagainya diberikan pendidikan keuangan dari IAI. Sehingga, nanti kita bisa saling menguntungkan sebagai progres in cam," katanya.

Dia juga mengajak agar pengurus IAI wilayah Banten aktif menjalankan prakarsa pertama yaitu membekali akuntan dengan keahlian dan kompetensi kemampuan multidisipliner, kemampuan meta-analitical dan social skill secara profesionalisme.

"Dan kita juga nantinya akan menarik kalangan muda untuk bergabung sebagai anggota IAI profesional melalui kolaborasi bersama instansi pendidikan seperti universitas yang ada," ujar dia.

Sementara itu, Ketua Panitia Raker IAI Banten, Donny Indradi menambahkan pada kegiatan raker tersebut terdapat empat pilar tujuan IAI diantaranya adalah memperkuat transformasi akuntansi melalui peningkatan kuantitas dan kualitas akuntan Indonesia yang memiliki kompetensi, kredibilitas, integritas serta mematuhi regulasi, kode etik dan standar profesi.

kedua, lanjutnya, yaitu meningkatkan kepercayaan publik kepada profesi akuntansi sebagai pemimpin dalam pengembangan ekosistem keuangan yang keberlanjutan. Kemudian, memperkuat perlindungan hukum dan praktik keprofesian akuntan di berbagai sektor di era keberlanjutan.

"Selain itu, kegiatan ini juga sebagai meningkatkan tata kelola organisasi dan memperluas kerjasama dengan pemangku kepentingan profesi akuntan," ujarnya.

Dalam kegiatan raker disertai PPL tahun ini telah diikuti 27 orang anggota dari 40 orang pengurus dari bidang IAI Banten dengan dihadiri juga perwakilan dari mitra serta perwakilan pemerintah daerah.
 

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023