Dinas Sosial Kota Tangerang Banten menyediakan 100 kursi roda untuk masyarakat lanjut usia (lansia) secara gratis yang dapat diperoleh melalui surat permohonan pengajuan resmi.

Kepala Dinas Sosial Kota Tangerang, Mulyani, di Tangerang, Jumat, mengatakan pemohon harus dilengkapi fotokopi KTP dan KK, foto calon penerima bantuan alat bantu, surat pengantar dari kelurahan ditujukan kepada Kepala Dinas Sosial dan kirim berkas tersebut ke Bagian Pelayanan Kantor Dinsos Kota Tangerang.

"Pemohon harus tinggal dan ber-KTP Kota Tangerang, belum pernah menerima bantuan alat bantu, termasuk kelompok keluarga renta atau tidak mampu secara ekonomi, dan memiliki keterbatasan fisik, gangguan gerak atau disabilitas motorik kaki," kata Mulyani dalam keterangannya.

Sedangkan untuk alur pelaksanaannya, kata Mulyani, masyarakat atau calon penerima melakukan pengajuan berkas persyaratan yang diminta.

Tim Dinsos akan melakukan verifikasi berkas administrasi tersebut, selanjutnya Tim Dinsos akan melakukan asesmen atau verifikasi validasi ke lokasi calon penerima untuk menentukan layak tidak layaknya.

"Selanjutnya, daftar calon penerima akan disahkan, baru Pemkot Tangerang akan menyalurkan ke daftar penerima yang telah disahkan tersebut. Semua prosesnya gratis, sekarang kuotanya masih ada, jadi, ayo, jangan lewatkan dan manfaatkan program ini," ujarnya.

Dinas Sosial Kota Tangerang setiap tahunnya memiliki program bantuan alat bantu untuk disabilitas dan lansia di antaranya kursi roda, alat bantu jalan (walker), tongkat kaki empat dan alat bantu dengar.

"Hingga saat ini, kuota untuk permohonan bantuan alat bantu ini masih tersedia dan masih dibuka hingga akhir Juni mendatang. Kuotanya, untuk kursi roda untuk 100 penerima, walker 15 penerima, tongkat kaki empat 15 orang dan alat bantu dengar 15 orang," ujarnya.

Tercatat sejak 2020 ada 260 kursi roda tersalurkan dengan rincian, 60 unit pada 2020, 100 unit pada 2022 dan untuk 2023 ini juga ada kuota 100 unit yang akan disalurkan.

"Pada 2021 kita tidak ada penyaluran kursi roda karena anggarannya teralihkan pada penanganan pandemi," kata dia.

Ia pun berharap lebih banyak masyarakat Kota Tangerang yang mengetahui program bantuan alat bantu untuk disabilitas atau lansia ini.

"Sehingga yang merasakan program ini bisa lebih banyak lagi. Keberadaan Pemkot Tangerang pun kian terasa oleh masyarakat yang lebih luas lagi," katanya.*

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023