Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tangerang, Banten, menyebutkan sebanyak 1.984 calon jamaah haji di wilayah itu siap diberangkatkan ke Tanah Suci Makkah pada 25 Mei 2023.

"Musim haji tahun 2023, sebanyak 1.984 calon jamaah haji asal Kabupaten Tangerang siap diberangkatkan. Rencana keberangkatan diperkirakan pada 25 Mei 2023 mendatang," kata Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tangerang, Ade Baijuri di Tangerang, Jumat.

Baca juga: Disbudpar Tangerang tampilkan seni dan budaya di bazar UMKM Bandara Soetta

Untuk itu pihaknya pun tengah mempersiapkan kelengkapan dokumen paspor, visa, serta dokumen lainnya dari para calon jamaah haji tersebut.

Setelah mencapai progres sekitar 80 persen memenuhi kelengkapan keberangkatan haji, kata dia, maka pada 25 Mei 2023 dimulai pemberangkatan kloter pertama.

Selain itu Kemenag Kabupaten Tangerang juga telah berkoordinasi dengan Bagian Kesra Pemerintah Daerah, terkait fasilitas antar jemput bus yang disiapkan pemerintah daerah (pemda).

"1.984 calon jamaah haji ini akan mengikuti manasik haji di setiap kecamatan sehingga bisa mempermudah dalam melaksanakan ibadah haji, mulai dari rukun dan sunah haji," tuturnya.

Sebelumnya jumlah kuota haji yang didapatkan oleh Kabupaten Tangerang saat ini bertambah bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya dengan kenaikan mencapai 100 persen dari musim haji tahun lalu.

Pihaknya pun memprediksi kuota haji pada tahun 2023 sebanyak 2.200 orang jika disesuaikan dengan kondisi normal pada tahun 2019.

Dari estimasi kuota haji Kabupaten Tangerang saat ini diperhitungkan setelah Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menandatangani nota kesepahaman dengan pihak Arab Saudi, dimana Indonesia kembali mendapat 211 ribu kuota haji atau sama seperti pada 2019.

Dengan kuota sekitar dua ribu lebih orang calon haji itu, pihaknya mengestimasikan waktu tunggu haji di wilayah itu mencapai 27 tahun dan setiap bulannya di rata-ratakan ada 250 orang mendaftar haji ke Kantor Kemenag Kabupaten Tangerang.




Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: 1.984 calon jamaah haji Tangerang siap berangkat ke Tanah Suci

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023