Serang (Antara News) - Tim Penggerak PKK Provinsi Banten mengajak orang tua untuk terus mendorong peningkatan minat baca anak-anak sejak usia dini, dimulai dari lingkungan rumah masing-masing.

Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Banten Dewi Indriati Rano di Serang, Selasa, mengatakan minat baca di masyarakat harus terus ditingkatkan, mengingat masih kurangnya minat baca di masyarakat terutama pada anak-anak, merupakan persoalan yang kompleks dan perlu terus ditingkatkan.

"Diperlukan berbagai upaya dan usaha untuk menciptakan lingkungan yang mendukung terciptanya kebiasaan membaca, bagi anak-anak secara khusus," kata Dewi saat membuka Seminar dan Lokakarya Peningkatan Minat Baca Masyarakat yang digelar oleh Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah (Perpusda) Provinsi Banten.

Menurut Dewi, pembudayaan kegemaran membaca dilakukan melalui tiga jalur yaitu keluarga, satuan pendidikan dan masyarakat. Sehingga agar mendapat hasil yang optimal, upaya peningkatan minat baca di kalangan siswa atau anak-anak harus dipupuk dan digiatkan secara serentak dan terpadu.

"Sekolah, rumah dan masyarakat harus menciptakan lingkungan yang mendukung minat baca bagi anak-anak. Nanti melalui ibu-ibu PKK, kami terus berupaya membantu melakukan sosialisasi," katanya.

Menurut Dewi, di lingkungan sekolah pihak sekolah harus menyediakan perpustakaan yang representatif untuk mendukung proses pembelajaran. Begitu juga di rumah, orang tua harus menyiapkan sarana yang mendukung anak-anak meningkatkan minat baca.

Dewi mengatakan, kebiasaan kegiatan membaca dalam rumah juga harus berlangsung secara hangat, nyaman dan akrab. Anak juga dapat didorong minat baca bisa dengan cara membaca sambil bermain serta mengajak anak untuk sering mengunjungi perpustakaan atau taman bacaan.

"Biarkan anak memilih buku kesukaannya. Kenalkan anak-anak dengan buku dari penulis terkenal dan favorit disertai dengan fasilitas yang lengkap, nyaman dan menyenangkan bagi anak-anak. Mari, jadikan perpustakaan sebagai sahabat pintar keluarga," kata isteri Gubernur Banten Rano Karno tersebut.

Ketua Pelaksana Semiloka Rosmawati mengatakan, semiloka Peningkatan Minat Baca Masyarakat bertujuan untuk menumbuhkembangkan minat dan kegemaran membaca, menulis serta meningkatkan daya nalar masyarakat terhadap lingkungan, sekaligus menumbuhkan kecintaan dan tanggung jawab terhadap tantangan global.

"Selain menambah jumlah koleksi buku di Perpustakaan Daerah Banten, kami juga akan membuat program-program yang lebih menarik agar minat baca masyarakat terus meningkat," kata Rosmawati yang juga Kepala Bidang Deposit di Perpustakaan dan Arsip Daerah Banten.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016