Serang (Antara News) - Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat Desa (BPPMD) Banten mendorong peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan, melalui bimbingan teknis (Bimtek) bagi pengurus Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) di delapan kabupaten/kota.

Kepala BPPMD Banten Sigit Switarto di Serang, Rabu, mengatakan  kegiatan bimbingan teknis bagi pengurus LPM di masing-masing daerah diharapkan dapat menumbuhkembangkan, menggerakkan prakarsa dan partisipasi serta swadaya masyarakat dalam proses pembangunan di desa dan kelurahan.

"Melalui partisipasi masyarakat yang bagus, maka pembangunan akan lebih tepat sasaran dan sesuai dengan aspirasi masyarakat," kata Sigit didampingi Kabid Kelembagaan dan Partisipasi Masyarakat BPPMD Banten Nana Suryana

Selain itu, kata Sigit, bimbingan teknis bagi pengurus LPM juga akan meningkatkan kapabilitas dan kualitas SDM LPM dalam memfasilitasi pembangunan yang berorientasi pada kondisi riil masyarakat desa dan kelurahan, serta meningkatkan kemampuan LPM dalam menggerakkan dan memotivasi masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam kegiatan pembangunan.

Kabid Kelembagaan dan Partisipasi Masyarakat BPPMD Banten Nana Suryana mengatakan kegiatan yang diikuti 40 orang pengurus LPM dari delapan kabupaten/kota itu, diharapkan dapat mengembangkan dan mengoptimalkan wawasan LPM dalam mengembangkan potensi sumberdaya lokal untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, serta dapat meningkatkan keterampilan LPM dalam mendorong kemandirian masyarakat melalui pengembangan kapasitas yang dimiliki masyarakat di wilayahnya.    

"LPM mempunyai peranan penting dalam menggerakkan dan mendorong partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Tentunya ini harus ditunjang dengan SDM yang memadai supaya sasarannya benar," kata Nana.

Nana mengatakan, sasaran dari kegiatan tersebut adalah desa dan kelurahan di Banten yang sudah membentuk dan mempunyai lembaga LPM serta LPM yang saat ini masih aktif .

"Ada banyak kelembagaan di tingkat desa/kelurahan, seperti posyandu dan lain-lain. Namun, kali ini kami memberikan bimbingan khusus untuk LPM," kata Nana.

Sementara, Asda III Pemprov Banten Widodo Hadi mengatakan, pemberdayaan masyarakat merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Memberdayakan masyarakat juga menjadi bagian dari upaya meningkatkan harkat dan martabat lapisan masyarakat melalui partisipasinya dalam pembangunan.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016