Sejak Januari 2023 Jumlah pemohon pembuatan paspor di Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Serang, Banten mengalami penurunan.

Berbeda dengan tahun 2022 pasca pandemi, pembuatan paspor di Serang mengalami lonjakan yang signifikan.

Hal terebut disampaikan Kepala Subseksi Pelayanan Dokumen Perjalanan Muhammad Irfan Al Fikri mengalami Penurunan mencapai sekitar 500 pemohon disebabkan oleh libur panjang.

“Jumlah warga yang membuat paspor berbeda dengan pasca pandemi, sedikit menurun dari bulan Februari sebanyak 3183 pemohon, Maret; 2038 hingga April 2023; 1908 pemohon. Ada yang membuat baru namun ada juga yang memperpanjang paspor,” jelas Irfan saat ditemui di Kantor Imigrasi Kelas I Serang, Banten, Jumat (5/5/2023).

Mayoritas warga yang datang membuat paspor baru dan memperpanjang paspor untuk tujuan umrah dan wisata dan bisnis di negara asia.

“Mayoritas untuk ibadah ke tanah suci, juga ada untuk kepentingan wisata dan kunjungan keluarga serta bisnis,” terangnya.

Untuk memudahkan masyarakat dalam membuat permohonan pembuatan paspor, Imigrasi Serang melayani jemput bola atau easy pasport.

“Ini merupakan komitmen kami untuk meningkatkan pelayanan dan juga memudahkan masyarakat yang berada jauh dari kantor Imigrasi,” tuturnya.

Pewarta: Weli

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023