PMI Kota Tangerang menggencarkan pelaksanaan program pelayanan donor darah untuk menjaga stok darah agar tetap stabil setelah berkurang jumlah pendonor saat bulan puasa Ramadhan yang lalu.

Ketua PMI Kota Tangerang Oman Jumansyah di Tangerang, Kamis, mengungkapkan dalam pelayanan donor darah, markas PMI setempat di Jalan Mayjen Sutoyo 15, Kelurahan Sukasari, di samping Alun-Alun Kota Tangerang dibuka 24 jam.

Namun, untuk layanan donor darah buka pukul 08.00 hingga 22.00 WIB, setiap hari, tanpa libur.

“Selain itu, PMI Kota Tangerang juga memiliki layanan permohonan kerja sama penjadwalan donor darah. Seperti, berkumpul teman sekitar lima orang lebih, atau 'event-event' (kegiatan) besar, PMI Kota Tangerang sedia dan siap melayani. Permohonan bisa dilakukan melalui call center 021-5531310 dengan waktu pelayanan pukul 08.00-16.00 WIB,” kata kata dia dalam keterangan.

Selain komunitas, pemerintahan, instansi swasta juga banyak yang rutin melakukan kerja sama terkait dengan donor darah ini, seperti lapas, pabrik, perbankan, dan perusahaan-perusahaan yang tersebar di Kota Tangerang.

“Dengan itu, rata-rata stok yang dijaga ialah sekitar 1.000 kantong darah dengan berbagai jenis golongan. Harus diketahui, rujukan darah PMI Kota Tangerang sudah tingkat nasional, di mana permohonan bukan sekadar wilayah Jabodetabek namun sudah hingga luar kota bahkan Kalimantan,” katanya.

Ia mengatakan permohonan darah ke PMI Kota Tangerang dapat dilayani 24 jam, tanpa libur, dengan melakukan permohonan melalui call center 021-5579-1008.

Ia berharap, pengetahuan masyarakat terhadap donor darah kian meningkat. Pasalnya, manfaat donor darah memang begitu banyak untuk kesehatan, diantaranya mengurangi penyakit jantung, membakar kalori, membantu menurunkan berat badan, menurunkan risiko kanker, meningkatkan produksi darah, dan membuat pikiran lebih stabil.

“Jadi tidak ada alasan untuk tidak donor darah dengan begitu banyaknya manfaat donor darah. Ingat, setetes darah anda berharga untuk mereka yang membutuhkan, dan yang pasti kita sehat mereka selamat,” kata Oman.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023