Tangerang (Antara News) - Pemerintah Kota Tangerang Selatan melakukan kerjasama dengan Badan Tenaga Nuklir Nasional (BATAN) dalam pemanfaatan Nuklir untuk kepentingan masyarakat.

Wali kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany di Tangerang, mengatakan, beberapa kerjasama yang nantinya akan dilaksanakan antara lain yakni pemusnahan limbah RSUD, pengembangan budi daya pertanian sehingga bisa meningkat.

"Dengan pemanfaatan teknologi nuklir, diharapkan dapat meningkatkan potensi pertanian di Tangerang Selatan," ujarnya.

Oleh karena itu, Airin meminta kepada Dinas terkait untuk segera menindak lanjuti dari hasil kerjasama ini untuk pengembangan program.

Diharapkan, dengan adanya kerjasama ini bisa membantu proses pangan di Tangerang Selatan dan meningkatkan kesejahteraan warga. "Bisa juga melibatkan sektor pendidikan," ujarnya.

Kepala BATAN Djarot Sulistyo Wisnubroto mengatakan, kerjasama yang dilaksanakan yakni mengenai pemanfaatan nuklir untuk pemerintah, bukan terkait Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) 

“Nuklir bisa dimanfaatkan bagi kesejahteraan masyarakat, diantaranya dalam bidang kesehatan digunakan untuk pengobatan kanker dan berbagai penyakit,” ujarnya.

Beberapa sektor telah dilakukan ujicoba dan berhasil seperti pengembangan padi dengan varietas nuklir. "Ada juga proses penjantanan bibit ikan sehingga membantu percepatan pengembangan," katanya.

Ia berharap, dengan adanya kerjasama ini, akan banyak daerah yang memanfaatkan teknologi nuklir untuk kepentingan masyarakat. "Kita buka kerjasama dengan daerah lain," paparnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2016