Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang bersama dengan Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Kota Tangerang menggelar seleksi peserta Raimuna Nasional 2023 yang diikuti 124 orang.

Kepala Dispora Kota Tangerang Kaonang di Tangerang, Jumat, menuturkan kegiatan ini bertujuan memilih putra-putri terbaik yang ada di Kota Tangerang untuk mengikuti Raimuna Nasional yang digelar di Bumi Perkemahan dan Graha Wisata Pramuka (Buperta) Cibubur, Jakarta Timur.

"Proses seleksinya meliputi beberapa tahapan di antaranya administrasi, tes pengetahuan, tes fisik, dan tes bakat pada Sabtu (15/4)," katanya.Baca juga: DKP Kota Tangerang latih anggota Pramuka pembibitan cabai tingkatkan ketahanan pangan

Untuk tes pengetahuan, kata dia, terdapat 250 soal secara acak tentang wawasan kebangsaan, pengetahuan Pramuka, dan pengetahuan Kota Tangerang dan Provinsi Banten.

Pada tahap seleksi tes tertulis ini akan dipilih 50 terbaik untuk dapat lanjut ke tahap selanjutnya yaitu tes fisik, dan nanti akan dipilih 20 terbaik untuk ke tahap tes bakat. Dengan demikian, akan didapatkan kontingen yang tidak hanya berwawasan, tetapi juga memiliki bakat seni dan lainnya.

"Nanti yang akan ikut Raimuna Nasional 2023 hanya 16 orang dan dua orang sebagai tim cadangan. Namun, peserta yang tidak lolos seleksi jangan berkecil hati dan tetap mendukung teman-teman yang lolos mewakili Kota Tangerang," kata Kaonang.

Sementara itu, salah satu peserta seleksi, Zufianti Afifah mengaku senang dapat mengikuti seleksi ini. Ia yakin bisa lolos ke tahap selanjutnya.

"Pada seleksi ini saya sudah belajar dan mempersiapkan diri dengan latihan fisik dan persiapan pada unjuk bakat nanti. Alhamdulillah, juga mendapat dukungan dari keluarga serta sekolah SMK Negeri 1 Kota Tangerang," katanya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023