PT Chandra Asri Petrochemical Tbk (Chandra Asri), Kamis (13/04), menyalurkan 6 liter bahan bakar minyak (BBM) Plas kepada pelaku usaha rumahan dan nelayan di pesisir Pantai Pangaradan, Desa Anyar, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Banten.

Rangkaian penyaluran BBM Plas dihadiri oleh Juhaedi selaku Kepala Desa Anyar, Chrysanthi Tarigan selaku Corporate Communication General Manager Chandra Asri, dan Wawan Mulyana selaku Corporate Share Value Department Manager Chandra Asri. 

Minyak Plas yang terdiri dari 2 liter bensin plas dan 4 liter minyak tanah plas, yang dibagikan Chandra Asri merupakan hasil dari program pengelolaan sampah terintegrasi yang berbasis ekonomi sirkuler, yaitu SAGARA dan IPST ASARI.

Wawan Mulyana selaku Corporate Share Value Department Manager Chandra Asri mengatakan, Program Sagara Chandra Asri berkolaborasi dengan masyarakat dan Nelayan di sekitar pantai Anyer, dan Social Enterprise Pengelola Sampah Kering, Bank Sampah Digital. Dalam fasilitas IPST ASARI dibina bersama KSM Sehati Maju Bersama, serta mendapat dukungan penuh dari Pemerintah Kota Cilegon dan Universitas Ageng Tirtayasa.

"Dalam upayanya tersebut, Chandra Asri menggandeng mitra untuk menjalankan program pengelolaan sampah yang terintegrasi (end-to-end plastic waste management) untuk mencari solusi pengelolaan sampah plastik terbaik. Pengelolaan sampah berbasis ekonomi sirkuler, merupakan komitmen Chandra Asri sebagai mitra untuk mengatasi permasalahan sampah plastik dengan memberikan nilai tambah (added value) sehingga dapat memperpanjang usia pakai dan juga bermanfaat bagi masyarakat yang terlibat. Dalam pelaksanaannya Chandra Asri berkolaborasi dengan komunitas sebagai pelaksana sekaligus penerima manfaat," kata Wawan.

Bahan baku sampah plastik yang diolahkan menjadi BBM Plas berasal dari sampah rumah tangga (meliputi warga sekitar IPST ASARI, masyarakat pesisir pantai Anyer, dan masyarakat binaan di Desa Mangunreja), sampah perkantoran dari Pabrik Chandra Asri, serta dari Nelayan yang mengumpulkan sampah plastik saat mereka melaut. Bahan Bakar hasil pengolahan sampah ini lalu dimanfaatkan untuk perahu nelayan dan untuk menyalakan kompor minyak UMKM.

Wawan menambahkan, perusahaan telah menjalankan program SAGARA untuk mengumpulkan sampah di wilayah pesisir laut dan lingkungan sekitarnya guna mencegah sampah bocor ke laut. Melalui program SAGARA, masyarakat diedukasi untuk memilah sampah dari sumbernya dan nelayan diajak untuk mengangkut sampah plastik yang mereka temukan saat melaut, yang dijalankan sejak September 2021, bersama masyarakat Anyar.

Tak hanya itu, bersama masyarakat yang tergabung dalam KSM Sehati Maju Bersama, Chandra Asri mengembangkan pengelolaan sampah terintegrasi dengan mendorong penguatan kapasitas masyarakat melalui Industri Pengelolaan Sampah Terpadu-Atasi Sampah, Kelola Mandiri (IPST ASARI). Kedua inisiatif ini juga menjadi bentuk dukungan Chandra Asri terhadap Pemerintah yang telah menetapkan target nasional pengurangan sampah sebanyak 30% dan penanganan sampah sebanyak 70% pada tahun 2025 serta Pengurangan 70% sampah plastik laut pada tahun 2025.

Berkat kontribusi aktif dalam program ekonomi sirkuler binaan Chandra Asri, masyarakat yang terlibat dalam prosesnya kini dapat merasakan langsung manfaat dari pemilahan sampah. Chandra Asri, melalui fasilitas IPST ASARI, mengonversi sampah plastik low-value menjadi BBM Plas yang kemudian disalurkan kembali kepada masyarakat dan nelayan di SAGARA. 
Chandra Asri salurkan Minyak Plas kepada Warga Pesisir Pantai Pangaradan, di Desa Anyar, Kecamatan Anyer, Kabupaten Serang, Banten. (Susmiatun Hayati)

Sunaji seorang nelayan setempat mengatakan, program ini sangat membantu masyarakat nelayan dan pelaku usaha rumahan di wilayah nya. Karena dengan berkolaborasi melalui program ini, ikut membersihkan sampah, masyarakat tidak hanya berkontribusi menjaga kebersihan laut tempatnya mencari nafkah tetapi juga mendapat keuntungan mendapatkan BBM Plas gratis dari hasil olahan sampah yang telah dikumpulkan.

“Laut sudah menjadi bagian dari kehidupan saya dan menjadi sumber nafkah untuk keluarga kecil saya. Kini, bersama Chandra Asri saya mendapat dua manfaat: mendapatkan BBM Plas yang diolah dari sampah plastik yang saya kumpulkan sekaligus merawat laut yang menjadi tempat saya mencari nafkah," kata Sunaja.

Pewarta: Susmiatun Hayati

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023