Serang (Antara News) - Balai Perbenihan dan Proteksi Tanaman Kehutanan dan Perkebunan pada Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Banten menyiapkan sekitar 300 ribu lebih bibit tanaman sepanjang 2015 untuk disalurkan kepada masyarakat.

Kepala Balai Perbenihan dan Proteksi Tanaman Kehutanan dan Perkebunan Dishutbun Banten Edi Wiryanto di Serang, Minggu, mengatakan dari 300 ribu bibit yang disiapkan tersebut, sebanyak 128 ribu bibit sudah disalurkan. Adapun jenis pohon yang dikembangkan di balai perbenihan tersebut antara lain pohon cengkeh, albasia, jati, mahoni (pulai), jabon mangga, rambutan, duren dan lain-lain.

"Sampai November 2015 kemarin yang tersalurkan sebanyak 128 ribu bibit pohon. Sekarang ini, stok bibit tanaman masih lebih dari 150 ribu pohon," katanya.

Menurut Edi, penyaluran bibit pohon tersebut melalui kelompok tani atau kelompok masyarakat yang melakukan kegiatan penghijauan dan masyarakat yang sedang memprogramkan penghijauan.

"Bagi kelompok tani yang berniat menanam pohon bisa mengajukan permohonan bantuan bibit pohon ke kami. Sengaja kami persiapkan untuk masyarakat," katanya.

Edi juga mengatakan, untuk memantau perkembangan dan penelitian hama tanaman hutan di Banten, pihaknya tahun ini sedang membangun klinik tanaman yang lokasinya di Kabupaten Pandeglang.

"Saat ini sedang dibangun gedungnya, nanti lokasi tersebut untuk tempat penelitian gangguan tanaman," katanya.

Berbagai jenis tanaman hutan yang bisa diteliti jenis gangguan tanaman atau hama, di antaranya jenis tanaman hutan dan perkebunan seperti kakau, karet, kelapa dan cengkih.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015