Keselamatan ketenagalistrikan menjadi bagian yang tidak terpisahkan dalam kegiatan penyaluran energi listrik oleh PLN kepada pelanggan. Hal ini menjadi komitmen PT PLN (Persero) untuk memastikan listrik digunakan dengan aman. Untuk itu peningkatan pemahaman pelanggan melalui edukasi keselamatan ketenagalistrikan menjadi hal yang penting dilakukan. 

PLN Unit Induk Distribusi (UID) Banten melalui Unit Pelaksana Pelayanan Pelanggan (UP3) Teluk Naga, menggencarkan kegiatan edukasi kepada masyarakat terkait bahaya penggunaan energi listrik yang perlu diantisipasi utamanya pada saat musim hujan, Kamis (30/3/2023). 

Baca juga: PLN dukung penuh langkah IBC dan Manufaktur standarkan baterai permudah pengguna Molis

PLN menyadari pentingnya informasi terkait keselamatan ketenagalistrikan dapat tersampaikan langsung kepada masyarakat agar masyarakat lebih waspada dan menyadari setiap potensi bahaya listrik yang berpotensi terjadi apalagi pada musim penghujan, banyak daerah yang terkena dampak dari hujan terus – menerus hingga terkena musibah banjir. 

Kegiatan sosialisasi dan edukasi keselamatan kelistrikan PLN UP3 Teluk Naga menggandeng Kecamatan Periuk agar edukasi dan informasi disampaikan kepada pelanggan. Bertempat di kantor Kecamatan Periuk, Kota Tangerang kegiatan diikuti Camat Periuk dan jajarannya, Kepala Desa, Lurah dan Pegawai di wilayah Kecamatan Periuk. 

Camat Periuk, H. Nanang Kosim, S.Sos. M.Si. mengapresiasi upaya dan kepedulian PLN dalam meningkatkan kesadaran keselamatan ketenagalistrikan kepada  pelanggan. 

“Terima kasih atas kepedulian PLN dalam memberikan informasi dan edukasi mengenai bahaya listrik kepada warga di Kecamatan Periuk. Hal ini penting agar masyarakat lebih sadar dan berhati-hati dalam memanfaatkan listrik di rumah dan lingkungannya”, ungkap Nanang. 

Selanjutnya Nanang berpesan agar segenap pemangku kepentingan yakni pelanggan rumah tangga dan pelanggan perusahaan bersama pemerintah daerah, duduk bersama berdiskusi bagaimana listrik dapat lebih bermanfaat buat semua dan terhindar dari masalah bahaya listrik. 

Sejalan dengan itu memasuki musim penghujan saat ini, PLN UP3 Teluk Naga turut mengimbau masyarakat untuk meningkatkan kepedulian terhadap keamanan kelistrikan di rumah dan lingkungan masing-masing. 

Manager PLN UP3 Teluk Naga Diah Puspita mengatakan PLN UP3 Teluk Naga terus berupaya memastikan pasokan listrik yang disalurkan ke pelanggan aman dan andal. 

“Terhadap utilitas milik PLN berpotensi bahaya, saya mengajak peran aktif masyarakat segera melaporkan apabila menemukan hal tersebut di lapangan. Pengaduan potensi bahaya bisa disampaikan kapan dan dimana saja melalui Aplikasi PLN Mobile maupun Call Center PLN 123″, ungkap Diah 

Diah menjelaskan hal yang harus di perhatikan terkait keselamatan selama musim penghujan yakni mematikan instalasi listrik di dalam rumah, mencabut peralatan listrik yang masih tersambung dengan stop kontak, menaikkan alat elektronik ketempat yang lebih tinggi dan bila aliran listrik yang terkena banjir tidak padam, segera hubungi Contact Center PLN 123. 

Diah berharap seluruh pemangku kepentingan baik pemerintahan, tokoh masyarakat dan terutama instansi lainnya yang memiliki utilitas mandiri juga ikut memberikan edukasi kepada masyarakat terhadap potensi bahaya yang bisa muncul terutama di musin hujan. 

 

Pewarta: Ridwan Chaidir

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023