Pemerintah Provinsi Banten menyediakan mudik gratis Idul Fitri 1444 H/2023 M ke sepuluh kota/kabupaten untuk para pemudik kendaraan roda dua guna mendukung program pemerintah menekan angka kecelakaan lalu Lintas (Lakalantas).

Kepala Dinas Perhubungan Tri Nurtopo di Serang, Rabu mengatakan mudik gratis bertujuan untuk menekan angka kecelakaan, sehingga Pemprov Banten memberikan pelayanan program ini agar mudik Lebaran bisa lebih nyaman dan aman sampai ke kampung halaman.

"Tujuan mudik untuk Jawa Barat, yakni Cirebon, Tasik, Cianjur, Bogor. Sedangkan Jawa Tengah, yaitu Tegal atau Brebes, Semarang, Magelang, Solo, Purwokerto. Dan ke wilayah Sumatera tujuan lampung Utara," kata Tri.

Ia juga mengatakan, bagi masyarakat yang ingin mengikuti program mudik gratis ini, bisa melakukan pendaftaran secara online yang akan mulai dibuka pada tanggal 3 April 2023.

"Atau untuk informasi lebih lanjutnya bisa mengakses website dishub.bantenprov.go.id,” katanya.

Selain itu, kata dia, persyaratan untuk mengikuti program pemerintah mudik gratis ini, masyarakat harus menunjukkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) domisili Banten dan Surat Kendaraan atau STNK Motor.

Hal itu, menurutnya, berasumsi agar dapat mengetahui bahwa yang mengikuti program mudik gratis ini benar sebagai pemudik kendaraan bermotor sehingga dapat mengurangi angka kecelakaan di jalan.

Dalam program tersebut, Pemprov Banten menyediakan 900 kursi mudik gratis untuk masyarakat Banten dengan jumlah armada sebanyak 20 bus.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Banten Al Muktabar mengatakan, program ini sebagai bentuk pemerintah hadir di tengah masyarakat. Maka dari itu, jangan melihat dari jumlah kuotanya yang memang dibatasi. Akan tetapi kebersamaan itu yang harus terjalin satu dengan yang lain.

“Jangan dilihat dari jumlahnya, tetapi masyarakat bisa melihat dari sisi kebersamaan-nya,” katanya.

Al Muktabar juga mengimbau kepada seluruh perusahaan yang ada di Provinsi Banten, agar melaksanakan program yang sama sebagai dukungan terhadap program pemerintah.


 

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Pemprov Banten sediakan mudik gratis ke 10 kabupaten/kota

Pewarta: Mulyana

Editor : Ridwan Chaidir


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023