Wali Kota Tangerang Arief R Wismansyah  mengajak berbagai perusahaan di daerah itu memanfaatkan teknologi sehingga tercapai efektivitas dan efisiensi dalam meningkatkan kinerja dan produktivitas perusahaan.

"Inilah peran penting human resource yaitu agar dapat mendorong serta memaksimalkan potensi SDM yang dimiliki, terlebih di era digitalisasi, semua pekerjaan sudah menggunakan management information system," kata Arief dalam seminar dengan tema HR Transformation Towards Digitalization yang diprakarsai Dinas Ketenagakerjaan setempat di Ruang Rapat Akhlakul Karimah Pusat Pemerintahan (Puspem) Kota Tangerang, Sabtu.

Arief mengingatkan saat ini transformasi digital merupakan sebuah keniscayaan, mengingat perkembangan teknologi yang sudah begitu pesat.

"Saya selalu katakan, kita ini sudah berada di era disruption, era di mana segalanya sangat dinamis dan cepat berubah. Istilahnya adalah product life cycle itu dulu bisa 5 sampai 7 tahun tapi sekarang dua tahun juga sudah berubah," ujarnya.

Oleh karena itu, dunia usaha pun juga harus dapat beradaptasi dengan cepat, tidak hanya dunia usaha dan swasta saja, Pemerintah juga dituntut harus selalu mengejar dan mengikuti perkembangan zaman yang sudah serba cepat ini.

Dirinya mencontohkan berbagai pelayanan dan program, baik untuk pelayanan publik maupun sistem birokrasi di lingkup Pemkot Tangerang, telah menerapkan transformasi digital melalui modul-modul aplikasi yang ada dalam super Apps Tangerang Live.

"Semangatnya adalah menyederhanakan sehingga pelayanan-pelayanan bagi masyarakat kami mudahkan untuk diakses yaitu melalui aplikasi Tangerang Live," ujarnya.

Kemudian di bidang kepegawaian, Pemkot Tangerang telah menerapkan sistem absensi e-gov dengan geo tagging dan juga face recognition, agar lebih akurat.

"Karena perusahaan dan lembaga akan lebih maju dan berkembang jika pegawai-pegawainya berintegritas. Nah teknologi ini salah satu tools yang dapat membantu dalam menjaga integritas dan kedisiplinan para pegawai," katanya.

Dirinya berharap dengan diselenggarakannya kegiatan seminar ini, dapat semakin meningkatkan pemahaman para HRD dan personalia perusahaan dalam mengoptimalkan penerapan transformasi digital guna mendorong efektivitas dan efisiensi kerja di lingkup perusahaan masing-masing.

"Saya berharap transformasi digital benar -benar bisa dioptimalkan, tidak hanya bagi kemajuan perusahaan, namun juga untuk kesejahteraan karyawan," ujarnya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Sambas


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023