Jakarta (Antara News) - Pemerintah Hungaria berjanji akan terus meningkatkan kerja sama pendidikan dengan Perguruan Tinggi di Indonesia.

Duta Besar Hungaria untuk Indonesia, Judit Nemeth-Pach di Jakarta, Minggu mengatakan, kerja sama yang sudah dilakukan antara Universitas Mercu Buana (UMB) Jakarta dan Budapest Business School (BBS) merupakan langkah awal untuk peningkatan pendidikan ke depannya.

"MoU yang telah dijalin UMB dan BBS itu menjadi langkah awal yang baik dan terus ditingkatkan. Pemerintah Hungaria sangat antusias terhadap kerja sama pendidikan," ujar Judit Nemeth-Pach saat menghadiri Public Lecture bertema Economic and internazionalitation in Higher Education di kampus Meruya Jakarta.

Dia menyebutkan Budapest Business School merupakan kampus terbaik di Hungaria. Banyak prestasi yang telah diraih Budapest Business School, sehingga pantas menjalin kerja sama dan memperkuat lebih lanjut.

Menurut dia, pemerintah Hungaria sangat mendukung langkah kerja sama yang dilakukan BBS dengan perguruan tinggi di Indonesia.

Bahkan mempersiapkan kerja sama lanjutan sebagai wujud keseriusan terhadap pengembangan bidang pendidikan.

"Pemerintah Hungaria memberikan peluang beasiswa kepada putra-putri Indonesia mendapatkan studi di Hungaria. Termasuk rencana kerja sama double degree antar perguruan Tnggi di Indonesia dan Hungaria," imbuhnya.

Rektor Budapest Business School, Éva Sándor-Kriszt menambahkan, kunjungan kedua ini merupakan tindak lanjut kerja sama yang telah dilakukan pada tahun 2013 lalu dana akan membahas berbagai isu lain terkait bidang pendidikan.

Eva Sandor menegaskan beberapa kerja sama yang perlu diperkuat antara lain bidang riset, pertukaran dosen dan mahasiswa serta membuka peluang double degree. "Prinsipnya kerja sama ini sangat menguntungkan kedua pihak," katanya.

Rektor Universitas Mercu Buana, Arissetyanto Nugroho optimistis hubungan erat yang terjalin antara Universitas Mercu Buana dan Budapest Business School berimplikasi luas. Tidak sebatas meningkatnya hubungan sektor pendidikan yang telah terjalin, tetapi juga memperkuat iklim ekonomi di kedua negara.

"Hungaria adalah negara di Eropa yang terus membaik ekonominya, meski kondisi ekonomi global sedang mengalami pelemahan.  Itu dibuktikan melalui pertumbuhan ekonomi yang signifikan ke level 3,6 persen GDP pada tahun ini," katanya.

Pewarta: Achmad Irfan

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015