Serang (Antara News) - Dinas Sumber Daya Air dan Pemukiman (DSDAP) Provinsi Banten meningkatkan derajat kesehatan masyarakat melalui pembangunan sarana air bersih.

"Kita sangat penting untuk memenuhi pasokan air bersih karena bisa meningkatkan derajat kesehatan itu," kata Kepala  DSDAP Provinsi Banten, Muhammad Husni Hasan di Serang, Kamis.

Selama ini, perhatian dan komitmen Pemerintah Banten cukup tinggi terhadap penyedian pasokan air bersih.

Masyarakat masih banyak ditemukan mengkonsumsi air yang tidak layak sehingga menimbulkan berbagai penyakit.

Bahkan, dari empat penyebab utama kematian terhadap anak usia bawah lima tahun atau balita di Indonesia, dua diantaranya terserang diare dan tipus.

Dari kedua jenis penyakit tersebut akibat ditularkan kotoran manusia (feses), karena menggunakan air yang tidak layak itu.

"Kami yakin jika mereka menggunakan air bersih dipastikan masyarakat bebas dari penyakit diare dan tipus," katanya.

Menurut dia, Pemprov Banten terus membangun sarana air bersih guna mendukung derajat kesehatan masyarakat dengan memberikan kemudahan untuk mendapatkan pasokan air bersih.

Pembangunan sarana bersih itu nantinya di lokasi satu titik agar masyarakat tidak menghabiskan waktu berjam-jam hanya untuk mendapat air bersih dari sumber air ke rumahnya.

Program pembangunan sarana air bersih terus dioptimalkan setiap tahun sehingga masyarakat begitu mudah mengakses air bersih untuk kebutuhan sehar-hari.

"Kami berharap kedepan semua warga tidak mengalami kekurangan air bersih ketika kemarau berkepanjangan," katanya.

Ditempat tepisah, Kepala Seksi Air Minum dan Penyehatan Lingkungan DSDAP Provinsi Banten, Adib Solihin mengatakan pembangunan sarana air bersih itu dialokasikan sekitar Rp90 miliar untuk  600 titik sarana air bersih.

Anggaran dana tersebut dialokasikan untuk pengerjaan pembangunan fisik saja dan bukan lahan dan tanah.

Penyediaan tempat,termasuk lahan dan tanah menjadi tanggung jawab dari pemerintah daerah setempat.

"Kami optimistis pembangunan sarana air bersih dapat menopang kesejahteraan masyarakat," katanya.

Pewarta: Mansyur

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015