Serang (Antara News) - Provinsi Banten siap menjadi tuan rumah pelaksanaan Pekan Olahraga seni antar Pondok Pesantren Nasional (Pospenas) VII Tahun 2016.

Sekretaris Daerah (Sekda) Banten Ranta Suharta di Serang, Minggu mengatakan, Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Nasional (Pospenas) VII Tahun 2016 akan berlangsung di Provinsi Banten. Segala persiapan sudah dilakukan dalam rangka menyelenggarakan ajang POSPENAS tersebut agar bisa berjalan lancar dan sukses dalam penyelenggaraannya. 
  
"Kita sudah persiapkan segala hal, termasuk dari segi anggaran sudah siap," kata Sekretaris Daerah Banten Ranta Soeharta yang mewakili Gubernur Banten Rano Karno saat membuka Pekan Olahraga dan Seni antar Pondok Pesantren Daerah (Pospeda) V Tingkat Provinsi Banten Tahun 2015 di Lapangan Mesjid Raya Albantani KP3B di Serang, Minggu.

Sekda Banten mengatakan, Pospeda ini merupakan ajang untuk mengukur, mengevaluasi dan meningkatkan prestasi olahraga dan seni para santri di Banten. Sehingga pada Tahun 2016 selain sukses sebagai tuan rumah, Banten juga harus sukses dalam mengukir prestasi di ajang nasional tersebut.
 
"Pospeda ini merupakan salah satu bentuk kegiatan untuk menghasilkan bibit olahragawan dan seniman santri yang akan kita persiapkan untuk ajang Pospenas 2016," kata Ranta.

Sementara itu Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Banten Opar Sohari mengatakan, ajang Pospeda V Tahun 2015 Banten diikuti oleh 1.600 peserta, official, dan pendamping masing – masing kontingen perwakilan pondok pesantren dari delapan kabupaten/kota se – Provinsi Banten. Adapun lokasi penyelenggaraan POSPEDA Banten yakni di Kota Serang dan Kota Cilegon yang akan berlangsung dari tanggal 22 s.d. 26 November 2015.

"Cabang olahraga yang dipertandingkan meliputi atletik, basket, bulutangkis, futsal, hadang, pencak silat, sepak takraw, senam santri, tenis meja dan bola voli," kata Opar.

Sedangkan cabang seni mempertandingkan seni musik islami, seni fotografi islami, seni kaligrafi islami, seni hadrah, seni kriya, seni cipta baca puisi, seni lukis islami, seni teater, seni pidato bahasa Indonesia, seni pidato bahasa Inggris, seni pidato bahasa arab, seni fashion, seni stand up commedy dan seni video cerita pendek atau dokumenter.

Hadir dalam pembukaan Pospeda Banten tersebut Ketua KONI Banten Rumiah, Kepala Kantor Wilayah Agama Provinsi Banten Agus Salim, anggota FKPD, serta para Kepala SKPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten. 

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015