Serang (Antara News) - Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Banten Dewi Indriati Rano mengajak kaum wanita untuk meningkatkan perannya dalam pembangunan, salah satunya melalui Program Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera atau P2WKSS. 

"Program P2WKSS bertujuan mengangkat desa tertinggal agar lebih meningkat kesejahteraannya melalui peranan kaum wanita. Kesejahteraan masyarakat bisa cepat meningkat apabila terdapat peranan besar kaum wanita di desa, termasuk pemberdayaan masyarakat,"kata Dewi Rano saat memberikan arahan dalam kunjungannya beserta Tim Penilai P2WKS di Desa Kujang Jaya, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Kamis.    

Menurutnya, ada empat strategi dasar yang telah ditetapkan dalam melakukan percepatan penanggulangan kemiskinan, yaitu pemberdayaan masyarakat, program perlindungan sosial, peningkatkan akses masyarakat miskin terhadap pelayanan dasar dan pembangunan yang inklusif.

Dewi mengatakan, peranan kaum wanita salah satunya melalui kegiatan kelompok usaha bisa memberikan penghasilan tambahan bagi peningkatan taraf kesejahteraan keluarga.

"Tujuan pelaksanaan program terpadu P2WKSS ini diantaranya untuk meningkatkan peran serta masyarakat dalam pembangunan khususnya pemberdayaan ekonomi perempuan, dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga," kata istri Gubernur Banten Rano Karno ini.

Ia mengatakan, program P2WKSS juga dapat melaksanakan program kegiatan secara terpadu dan terintegrasi di semua sektor baik pemerintah, swasta maupun organisasi masyarakat lainnya. Yang paling penting dalam program ini dapat menurunkan angka kemiskinan di setiap desa maupun kelurahan serta meningkatkan taraf hidup masyarakat di desa-desa tertinggal. 
 
Menurut Dewi, Pemprov Banten telah menurunkan rasio penduduk miskin sampai dengan 5,85 persen sesuai data susenas 2011, BPS Provinsi Banten, terkait rasio penduduk miskin tahun 2012. Hal ini menunjukan bahwa Provinsi Banten telah konsen terhadap penanggulangan kemiskinan sesuai  dengan target  Millennium Development Goals (MDGs) 2015 sebesar 7,5 persen.

Sementara Assisten Daerah IV Setda Kabupaten Lebak Tajudin mengatakan,  Program Terpadu P2WKSS merupakan salah satu upaya untuk mengembangkan sumber daya manusia dan sumber daya alam serta lingkungan untuk mewujudkan dan mengembangkan keluarga sehat sejahtera dan bahagia untuk pembangunan masyarakat dengan perempuan sebagai penggeraknya.
  
"Atas peningkatan peranan kaum wanita di Desa Kujang Jaya melalui program P2WKSS, maka desa ini terpilih mewakil Kabupaten Lebak pada lomba P2WKSS di tingkat Provinsi Banten tahun  2015. Mudah-mudahan menang dan kalo menang harus dipelihara dengan baik,"kata Tajudin.
 
Usai memberikan sambutan, Ketua Tim PKK Provinsi Banten didampingi Ketua Tim PKK Kabupaten Lebak memberikan simbolis bantuan pelayanan data kependudukan gratis seperti KTP, KK, akte kelahiran  bagi warga setempat. Setelah itu dilanjut melakukan peninjaun beberapa titik lomba P2WKSS di desa setempat yang akan dilakukan penilaian oleh Tim PKK Provinsi

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015