Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tangerang, Provinsi Banten menggelar pelatihan peningkatan kapasitas terhadap personel Satpol PP dan Trantib Linmas dalam pengamanan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada).

Pada pelatihan dan pemberian materi terkait penanganan gangguan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) tersebut diikuti 40 personel keamanan tingkat kecamatan dan kelurahan dengan berlangsung pada tanggal 8 hingga 16 Maret 2023.

Asisten Bidang Administrasi Umum (Asda III) pada Sekretariat Daerah Kabupaten Tangerang, Firzada Mahalli, di Tangerang, Kamis mengatakan bahwa kegiatan pelatihan ini dilakukan untuk mewujudkan keamanan dan kenyamanan kehidupan sosial masyarakat dan roda pemerintah.

"Dalam persiapan pilkada dibutuhkan aparatur yang siap untuk menangani segala permasalahan di lapangan. Maka, perlu peningkatan kapasitas dari para personel menghadapi hal-hal yang mungkin terjadi pada proses pilkada," katanya.

Menurut dia, optimalisasi penanganan pilkada harus diiringi dengan pemahaman terhadap regulasi kebijakan pemerintah agar dalam proses penegakan peraturan daerah kepada masyarakat dapat benar-benar sesuai prosedur dan kapasitasnya.

Dia pun berharap personel yang mengikuti pelatihan memiliki kemampuan dalam kegiatan operasional maupun manajerial dalam menghadapi pilkada yang akan digelar tahun depan secara optimal.

Sementara, Kepala Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia pada BKPSDM Kabupaten Tangerang, Riesnasari Citra Irena, menambahkan kegiatan yang dilaksanakan melalui pola pembelajaran secara blended learning.

"Pembelajaran dilaksanakan melalui pola pembelajaran blended learning. Ada beberapa materi dalam pelatihan ini yakni Deteksi Dini, Komunikasi Efektif, Mobilisasi Linmas, Teknik Mediasi dan Negosiasi, Teknik Pengendalian Masyarakat," jelas dia.

Pewarta: Azmi Syamsul Ma'arif

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2023