Serang (Antara News) - Dinas Budaya dan Pariwisata Provinsi Banten menargetkan kunjungan wisatawan sekitar 10 ribu orang selama berlangsungnya Festival Film Indonesia (FFI) yang dilaksanakan di Provinsi Banten.

"FFI bukan acara biasa, akan ada banyak artis yang bisa menjadi daya tarik. Perhitungan saya setidaknya sekitar 10000 wisatawan atau pengunjung akan datang ke Provinsi Banten," kata Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Banten Ali Fadilah di Serang, Kamis.

Ia mengatakan, tahun ini, Provinsi Banten mendapatkan kehormatan karena dipilih menjadi tuan rumah gelaran Festival Film Idonesia (FFI). Dengan mendapatkan kehormatan tersebut, menjadi kesempatan bagi Provinsi Banten untuk mempromosikan potensi wisata di Banten kepada para tamu FFI.

Menurut Ali, momentum penyelenggaraan FFI tersebut memberikan dampak yang baik untuk Provinsi Banten. Karena dengan datangnya para wisatawan dan pengunjung bisa memberikan dampak yang positif bagi pariwisata dan perekonomian karena bisa menjadi pangsa pasar bagi produk kerajinan atau UMKM di Banten.

Ali mengatakan, FFI digelar dengan sejumlah rangkaian, dimulai dengan 'launching' FFI yang akan digelar di halaman bekas pendopo gubernur Banten Kota Serang, Jumat (30/10/2015). Setelah launching akan ada banyak rangkaian seperti pawai artis, roadahow perfilman, dan layar tancap disetiap kabupaten kota di Provinsi Banten.

Sedangkan untuk acara puncak akan digelar di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, Banten, pada tanggal 21 November 2015.

Untuk acara launching, kata Ali, panitia lokal sudah menyiapkan segala hal untuk kelancaran perhelatan akbar insan perfilman di Indonesia tersebut.

"Rencananya acara launching dihadiri oleh Mendikbud (Menteri Pendidikan dan Kebudayaan), Badan Perfilman Indonesia, Pusat Pengembangan Perilman di Kemendikbud, dan sejumlah artis," kata Ali Fadilah.

Selain launching, rencananya akan ada pawai  artis yang akan menggunakan 30 mobil dengan dua artis disetiap mobilnya. Pawai artis tersebut akan dimulai dari Gedung Olahraga (GOR) Maulana Yusuf, Ciceri, dan menempuh rute jalan utama Kota Serang sampai ke alun-alun.

Ali mengatakan, dalam gelaran FFI tahun ini Pemprov Banten menjadi tuan rumah, pihaknya akan menunjukan identitas Provinsi Banten, baik dari pakaian, ornamen, dan kesenian.

"Pokoknya,  Nuansa kental Banten akan disuguhkan di gelaran FFI tahun ini," kata Ali Fadilah.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015