Serang (Antara News) - Apresiasi bagi insan perfilman tanah air, Festival Film Indonesia (FFI) 2015 siap digelar. Malam puncak FFI 2015 akan digelar pada tanggal 20- 21 November 2015 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD, Tangerang Selatan, Banten.

“FFI 2015 sebagai bagian dari mempromosikan Banten sebagai daerah yang memiliki potensi besar untuk dijadikan ajang lokasi pembuatan film dengan larat belakang potensi sektor pariwisata, sejarah dan budaya. Hal ini tentunya akan menciptakan image positif Banten sebagai daerah yang aman, nyaman dan kondusif,” kata‎ Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Banten M Ali Fadillah di Serang, Kamis.

Sebanyak 14 Piala Citra untuk kategori film layar lebar dan 4 piala kategori non bioskop siap diperebutkan di ajang bergengsi ini. Bahkan, panitia penyelenggara sudah mulai membuka pendaftaran bagi para sineas yang ingin mengikutsertakan karyanya.

Provinsi Banten yang memiliki latar belakang sejarah dan budaya memiliki peran penting dalam penyelenggaraan ajang pengukuhan prestasi, apresiasi, dan promosi bagi film Indonesia serta mendukung perkembangan perfilman Indonesia. 

Menurut Ali, FFI merupakan momentum bagi masyarakat Banten dalam memperkenalkan khazanah budaya, sejarah, pariwisata Banten kepada seluruh masyarakat Indonesia dukungan dan partisipasi masyarakat Banten melalui kemeriahan rangkaian digelar di Kabupaten dan Kota Se-Banten.

"FFI di Banten merupakan wujud kebanggaan menjadi tuan rumah serta memacu generasi dalam berkreativitas dalam perfilman Indonesia menuju kancah perfilman dunia," kata Ali.

Ali menjelaskan, pihaknya telah mempersiapkan berbagai acara pendukung FFI 2015 mulai dari tanggal 13 sampai dengan 15 November 2015 di Alun-alun Barat Kota Serang, diantaranya Festival Cinderamata Banten, Festival Fashion, Festival Kuliner, Senam Bersama Artis, dan Pawai Artis. 

"Untuk launching FFI di Pendopo Lama Gubernur Banten pada hari Jum’at 30 Oktober, dan malam puncak FFI 2015 digelar 21 November di BSD Tangerang," kata Ali.

Sebelumnya Gubernur Banten Rano Karno mengatakan,  Pemprov Banten yang ditunjuk sebagai tuan rumah telah menyiapkan segalanya seperti fasilitas dan anggaran. Meskipun anggaran yang besar untuk penyelenggaraan kegiatan tersebut berasal dari panitia pusat di Jakarta. Ia mengatakan, tujuan diselenggarakannya FFI di Banten yakni dalam upaya mendongkrak pariwisata Banten dan kebudayaan. 

"Nanti juga pas 'closing' saya minta kepada panitia untuk menampilkan Marching Band Gita Surosowan dan Seni Rampak Bedug. Karena yang saya ingin jual dari penyelenggaraan FFI ini adalah parisiwata dan seni budaya Banten," kata Rano.  

FFI 2015, lanjutnya, akan menjadi ajang promosi kesenian, kebudayaan, dan kuliner khas Banten kepada masyarakat luas. "Untuk pawai tidak hanya keliling Kota Serang, namun juga para artis ini akan mendatangi sejumlah sekolah di Banten untuk mempromosikan FFI," katanya.

Pewarta: Mulyana

Editor : Ganet Dirgantara


COPYRIGHT © ANTARA News Banten 2015